Konsumsi 4 Buah Ini Agar Tidak Lemas Saat Puasa

Konsumsi 4 Buah Ini Agar Tidak Lemas Saat Puasa

Sobat Rihaal – Puasa memang bukan alasan bagi kita untuk bermalas-malasan. Justru kita harus tetap berkativitas agar waktu yang berjalan tidak terasa lama. Tetapi tak sedikit dari kita yang merasa lemas, tak berenergi. Sehingga membuatnya malas bergerak. Sebenarnya apa sih penyebabnya? Lalu bagaimana mengatasinya?

Dokter Spesialis Gizi Klinik, Samuel Oetoro mengatakan, saat puasa kita tidak boleh makan dan minum selama 13 sampai 14 jam. Nah, waktu tidak makan, kadar gula darah harus dijaga agar tetap stabil dan lumayan tinggi. Tetapi faktanya, orang puasa banyak yang lemas. Terutama saat jam 11 siang.

Mengapa? Karena saat sahur, biasanya kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis. Makanan atau minuman manis itu memang membuat kuat, tapi hanya dalam waktu singkat. Dan menjelang siang, tubuh akan drop.

“Sebab gula itu menaikkan kadar gula kita melonjak dalam waktu setengah jam, tapi dalam waktu satu jam dia drop, waktu drop disitu kita merasa lemas dan lapar. Oleh karena itu, menjelang imsak, disarankan makan karbohidrat kompleks, tinggi serat yaitu buah di blender, bukan di jus” jelasnya.

Dokter Samuel menjelaskan buah memang sebaiknya di blender dengan kulitnya. Karena serat dalam buah itu menyebabkan karbohidrat yang penyerapannya pelan-pelan.

Lalu buah apa saja yang bisa kita konsumsi agar badan tidak terasa lemas?

Buah Semangka, semangka mengandung vitamin A dan C yang menjadi sumber antioksidan yang baik. Maka dari itu, buah ini sangat bermanfaat untuk penyejuk tubuh

Buah Alpukat, Alpukat juga mengandung serat, protein, yang dapat melindungi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit. Selain itu, glutathione juga merupakan penawar racun yang logam berat hebat. Darah yang memiliki kadar glutathione tinggi dapat menghindari kerusakan sel oleh timah.

Buah Pir, Kandungan asam pada buah pir ini berperan sebagai antioksidan yang membendung pembentukan sell kanker,serta mampu mencegah pertumbuhan bakteri shigella sonnei, penyebab penyakit pada saluran pencernaan.

Buah Apel. Apel adalah buah yang mengandung gizi sangat tinggi, terutama vitamin dan mineral. Selain pir, apel juga dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit degeneratif

8 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini