Kisah Apa Dibalik Pembuatan Tapal Batas Kota Makkah?

Kisah Apa Dibalik Pembuatan Tapal Batas Kota Makkah?

Sobat Rihaal – Mekkah memang mempunyai segudang sejarah peradaban islam dari masa ke masa. Nyaris di berbagai sudut Mekkah tersimpan kisah dan sejarah yang menarik untuk dikulik. Salah satunya adalah  bangunan megah yang menaymbut kedatangan kita ketika pertama kali datang ke Mekkah. Apakah itu?

Tapal Batas Makkah

Ialah Tapal Batas Tanah Suci. Gapura khas kota Makkah yang berbentuk tembok besar yang menjulang, yang diatasnya berbentuk mushaf Al-Qur’an raksasa. Tujuannya sebagai batas tanah haram dan sebagai batas dilarang masuknya warga non-muslim untuk memasuki kota ini, sekaligus sebagai pembatas dengan wilayah-wilayah lain diluarnya.

Panjang kawasan tanah suci Makkah ialah 127 km dan luasnya kurang lebih 550 km persegi. Batasan Haram dari Makkah kea rah Yaman, Iraq dan Thaif adalah kurang lebih 10,5 km. Sedangkan dari arah Madinah sekitar 4,5 km, kea rah Ji’ranah 13,5 km dan arah Jeddah 15 km.

Untuk pembuatan tapal batas tersebut dibuat dari semen yang dicor dan batu pualam yang istimewa. Sementara sebagian perbatsan yang lain masih berupa bangunan tua yang terdiri dari batu-batu yang di cat dengan kapur. Bahkan sebagian lagi masih dibangun dari tumpukan batu yang diletakkan begitu saja.

Pembuatan Pertama

Orang yang pertama kali meletakkan batas Tanah Haram adalah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Beliau memasang tapal batas dengan dipandu Malaikat Jibril. Dikisahkan bahwa Malaikat Jibril pernah memaklumatkan kepada Nabi Ibrahim tentang batas-batas tanah suci serta menyuruh beliau untuk memberi tanda dengan cara menancapkan batu.

Kira-kira bagaimana yaa kelanjutan kisah diatas? Yuk daftar langsung umroh bersama Rihaal, dan dengarkan langsung penjelasan tentang batas-batas kota Makkah oleh Muthawwif-muthawwif kebanggaan Rihaal. Caranya mudah, hanya dengan menggunakan smartphone dan hubungi  contact person yang ada dibawah ini. Atau bisa mencari tahu info tentang kami melalui fanpage sekolah umroh dan IG @Rihaaltour. Selamat berjumpa di tanah suci sobat ^^

contact person : Septri Rihaal (0822-5000-0762)

 

referensi : muslim.okezone.com

7 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini