Rihaal Berbagi Qur’an Untuk Lansia

Rihaal Berbagi Qur’an Untuk Lansia

Selasa kemarin menjadi hari yang spesial bagi tim Rihaal. Kenapa spesial? Karena alhamdulillah di hari itu Rihaal telah menjalankan amanah dari para sahabat untuk berbagi Al Qur’an untuk para lansia yang berada di bawah binaan LP2TQ Baitul Qur’an, Sumberadi Mlati Sleman. Al Qur’an yang dibagikan sebanyak 50 pcs dan diserahkan secara simbolik kepada ketua RT setempat dan Pembina Baitul Qur’an. Lalu dibagikan satu per satu kepada jamaah yang hadir.

Rihaal Berbagi ini merupakan kegiatan rutin yang Inshaa Allah akan selalu dilakukan oleh Tim Rihaal. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT sekaligus membantu masyarakat yang kurang mampu.

Makna Sedekah

Sedekah dalam bahasa arab “sadakah” adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekadar zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menumbangkan harta. Namun, sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik.

Di dalam Al Qur’an juga banyak sekali ayat yang menganjurkan kaum Muslim untuk bersedekah. Di antara ayat yang dimaksud adalah firman Allah SWT yang artinya:

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf atau mengadakan perdamaian di anntara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberi kepadanya pahala yang besar.” (QS. An Nisaa [4] : 114)

Hakikat Sedekah

Sebenarnya sedekah lebih utama diberikan kepada:

  • Kaum kerabat atau sanak saudara terdekat sebelum diberikan kepada orang lain.
  • Sedekah itu sebaiknya diberikan kepada orang yang betul-betul sedang mendambakan uluran tangan (bantuan).
  • Untuk kriteria barang yang disedekahkan yaitu barang yang sebaiknya barang yang berkualitas baik dan disukai oleh pemiliknya.

Dan tahukah, jika pahala sedekah akan lenyap bila si pemberi selalu menyebut-nyebut sedekah yang telah ia berikan atau menyakiti perasaan si penerima. Hal ini ditegaskan Allah SWT dalam firman-Nya yang berarti:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyukai perasaan si penerima” (QS. Al Baqarah [2]: 264)

Keutamaan Sedekah

Banyak sekali keutamaan yang dapat kita dapatkan dari bersedekah. Lalu apa sebenarnya keutamaan dari sedekah itu sendiri?

  1. Sedekah dapat menghapus dosa.

Rasulullah SAW bersabda: “sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR. Tirmidzi, 614)

Diampuni dosa sebab sedekah itu tentu saja harus disertai taubat atas dosa yang dilakukan.

  1. Sedekah memberi keberkahan pada harta

Dalam syarh Shahih Muslim, An Nawawi menjelaskan: “Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud disini mencakup 2 hal” pertama, yaitu hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Maka pengurangan harta menjadi ‘impas’ tertutupi oleh berkah yang abstrak. Ini bisa dirasakan oleh indra dan kebiasaan. Kedua, jika secara dzatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut ‘impas’ tertutupi pahala yang didapat, dan pahala ini dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya. “

  1. Sedekah menjauhkan diri dari api neraka

Sesungguhnya sedekah itu walaupun sedikit, memiliki andil untuk menjauhkan kita dari api neraka. Semakin banyak sedekah, semakin jauh kita darinya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya maka bisa dengan kalimah thayyibhah” (HR. Al Bukhari 6539, Muslim 1016)

Masih banyak lagi keutamaan dari sedekah yang belum dibahas. Semoga ini bisa mengingatkan kita untuk selalu bersedekah. Baik saat lapang maupun sempit..Aamiin

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp