Kala Ribuan Lentera Terangi Mesir Selama Ramadan

Kala Ribuan Lentera Terangi Mesir Selama Ramadan

Sobat Rihaal – Ketika Ramadan di Indonesia dihebohkan dengan ramainya anak-anak yang bermain petasan maupun kembang api, lain hal nya jika di Mesir. Suasana Ramadan di Mesir akan terasa mengagumkan ketika malam hari. Dimana para warga disana memasang lentera yang disebut ‘Fanous’ untuk menerangi malam Ramadan di Kairo.

Biasanya fanous terbuat dari kaca tipis yang berwarna-warni dan lilin atau lampu di dalamnya. Sepanjang malam-malam Ramadan, masjid-masjid dan jalan-jalan dipenuhi oleh festival cahaya berwarna-warni dari lentera-lentera fanous yang dipasang warga.

Bagi anak-anak kecil, suasana ini amat sangat menyenangkan. Mereka biasanya bermain di jalan-jalan sambil menenteng fanous dalam ukuran kecil dan menyanyikan lagu Wahawi Ya Wahawi. Meskipun pemandangan seperti ini sudah jarang bisa disaksikan di daerah perkotaan, tetapi dapat dengan mudah ditemukan di kawasan-kawasan pedesaan.

Sejarah Lentera Fanous

Penduduk Mesir pertama kali mengenal fanous Ramadan pada Ramadan 358 H. Pada waktu itu al Mu’iz li Dinillah dari Dinasti Fatimiyah memasuki Kairo pada malam hari. Kehadiran al-Mu’iz disambut oleh warga Kairo dengan fanous-fanous serta teriakan selamat datang. Di tangan Dinasti Fatimiyah inilah fanous kemudian beralih dari fungsi aslinya sebagai penerang menjadi hiasan dan mainan. Selain itu, mereka juga mengiringi mesaharaty membangunkan kaum muslimin untuk melakukan sahur pada malam Ramadan. Sejak saat itu, fanous identik dengan Ramadan.

Bermacam-macam Bentuk Fanous

sumber : google

Fanous memiliki bermacam bentuk dan ukuran. Dari mulai bentuk yang paling kecil, paling besar, berbentuk bintang besar, berbentuk persegi, dan yang terbaru muncul berbagai bentuk baru fanous yang diimpor dari Cina dan Taiwan. Fanous-fanous ini tidak lagi dibuat dari kaca, tetapi dari plastik. Harga lentera Fanous dibranderol EGP65 (sekitar Rp48 ribu) untuk ukuran kecil sedangkan yang besar dijual dengan harga EGP120 (sekitar Rp88 ribu). Sedangkan harga lentera yang berbahan logam bervariasi dari EGP20 hingga EGP150.

139 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini