Jumat Datang, Berikut 3 Amalan yang Bisa Sobat Lakukan

Jumat Datang, Berikut 3 Amalan yang Bisa Sobat Lakukan

Sobat Rihaal – Banyak dari kita menyebut Jumat sebagai “Jumat Barokah” atau hari yang istimewa. Ada sebagian orang Muslim juga yang kemudian melakukan amalan-amalan tertentu yang memang khusus dilakukan pada hari Jumat. Mereka beranggapan jika hari Jumat adalah hadiah bagi umat muslim. Akan tetapi, untuk Muslim yang masih awam, pasti akan bertanya-tanya dalam hati, mengapa hari jumat itu bagaiakan hadiah bagi umat Muslim?

Mengapa disebut hari yang istimewa?

Dikatakan pada sebuah hadits, “Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan pada hari ini (Adam ‘alaihissalam) dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari ini pula ia dikeluarkan dari surga. Dan tidaklah kiamat akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim, no. 854)

Amalan apa saja yang perlu dilakukan?

“Sesungguhnya pada hari Jumat ada saat-saat yaitu seorang muslim tidaklah ia berdiri shalat dan meminta kebaikan kepada Allah, melainkan Allah akan memberinya,” lalu beliau berkata, “Dan saat-saat tersebut adalah saat yang singkat” (HR. Muslim, no. 852)

Terkait amalan yang dilakukan, ada salah satu amalan yang memang lebih afdol jika kita kerjakan pada hari Jumat. Nabi menganjurkan agar memperbanyak membaca shalawat pada hari Jumat. Dalam sebuah hadits ditegaskan, “Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat untukku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kali.”

Dalam hadits Imam Muslim disebutkan, “Barang siapa berwudhu kemudian memperbaiki wudhunya, lantas berangkat Jumat dekat dengan Imam dan mendengarkan khutbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni.” (HR. Muslim)

Kemudian, Muslim yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, ia akan dianugerahi cahaya di antara dua Jumat. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat.”

 

 

Sumber : Nu Online

104 total views, 4 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini