Jejak Rasulullah Di Kota Haram Makkah Mukarramah

Jejak Rasulullah Di Kota Haram Makkah Mukarramah

Tempat- tempat bersejarah di Makkah

Berikut adalah beberapa tempat bersejarah menurut urutan bersejarah kejadiannya:

  1. Tempat Kelahiran Rasulullah Saw

Sebagaimana disebutkan oleh sejarawan bahwa Rasulullah Saw lahir di Syi’ib  Abi Thalib yang sekarang terkenal dengan nama Syi’ib Ali. Namun, bangunan ini sudah diubah menjadi perpustakaan, untuk menghindari perilaku yang menyimpang umat Muslim seperti bertabarruk  dan memuliakan bangunan tersebut.

  1. Rumah Siti Khadijah

Terletak di kampung Qusyasyiah, dan sekarang dipagar Sugh, dan telah diubah menjadi sebuah sekolah untuk anak perempuan.

  1. Gua Hira

Gua ini berada di puncak gunung hira. Disinilah turun wahyu pertama Allah SWT kepada Rasulullah Saw.

  1. Masjid Jin

Dalam beberapa naskah disebutkan bahwa bangsa jin berkumpul di masjid ini untuk mendengarkan Rasulullah Saw menyampaikan Risalah Allah azza wa Jalla. Seperti dikutip dalam ayat Alquran surat Jin [72]: 1-2, sebagai berikiut

قُلْ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِنَ الْجِنِّ فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْآنًا عَجَبًا  يَهْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ ۖ وَلَنْ نُشْرِكَ بِرَبِّنَا أَحَدًا

Artinya: “Katakanlah (hai Muhammad): “Telah diwahyukan kepadamu bahwasanya: telah mendengarkan sekumpulan jin (akan Al Quran), lalu mereka berkata: Sesungguhnya Kami telah mendengarkan Al Quran yang menakjubkan, (yang) memberi petunjuk kapada jalan yang benar, lalu Kami beriman kepadanya. dan Kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seseorangpun dengan Tuhan Kami, (QS. Jin: 1-2)

Masjid ini terletak dekat pemakaman Ma’lah, di Mantiqah al-Hajun, Jaraknya sekitar 3 kilometer dari Masjidil Haram. Dan Masjid ini pernah disinggahi Rasulullah Saw ketika dalam perjalanan bersama Abdullah bin Mas’ud.

  1. Masjid Syajarah (Pohon)

Masjid ini berada di sisi Masjid Jin dan berdekatan dengan Masjid Haram. para sejarawan Makkah meriwayatkan beberapa Hadits, bahwa Rasulullah Saw pernah memanggil sebatang pohon, lalu pohon itu mendatangi Rasulullah Saw dengan cara akar-akarnya berjalan di dalam tanah. Kemudian Rasulullah Saw meminta untuk bersaksi bahwa Rasulullah Saw adalah seorang Nabi, maka pohon itupun bersaksi. Selanjutnya Rasulullah menyuruhnya kembali ke tempatnya semula, maka ia pun kembali.

  1. Gua Tsur

Gua ini terletak di Jabal Tsur.  Gua ini yang sempat digunakan Rasulullah dan Abu Bakar untuk bersembunyi dari pencarian Kafir Quraisy saat beliau akanberhijrah ke Madinah.

  1. Masjid Aqabah

Merupakan masjid tempat Rasulullah Saw melakukan baiat terhadap kaum Anshar, sebelum Rasulullah Saw berhijrah.

  1. Masjid Fath

Masjid ini diakui oleh penduduk daerah Jumum (arah ke Dahran ) Bahwa Rasulullah Saw, dahulu melakukan shalat pada malam Fathu Makkah di Masjid ini.

  1. Mustaka’

Ini merupakan sebuah batu yang terletak di Ajyad kecil, dulu batu ini pernah digunakan oleh Rasulullah Saw untuk bersandar saat beliau duduk di sela-sela perjalanan ke Madinah.

  1. Masjid Tan’im

Masjid ini menjadi tempat ketika Aisyah memulai Umrah atas perintah Rasulullah Saw. Masjid ini cukup terkenal di kalangan jemaah umroh untuk mengambil miqat. Bagi jemaah yang sakin (menetap) di Makkah.

  1. Masjid Dzi Thuwa di Jarwal

Tidak banyak orang awam yang mengenal masjid ini. Sebab, masjid ini hanya diketahui dari catatan-catatan sejarah. Namun, telaga Thuwa yang berada di dekatnya banyak dikunjungi orang. Masjid dan telaga ini dapat ditemui di Jarwal.

  1. Masjid Rayyah

Sebelum Masjid ini berdiri, pasukan Nabi Sawmenancapkan bendera pasukan Islam di tempat ini. Oleh karenanya Masjid ini dinamakan Ar-Rayyah. Saat pembebasan Makkah (Futtuh Makkah), Nabi memerintahkan Zubair bin Awam agar membawa bendera atau panji untuk bergerak ke arah kota Makkah.

Letak Masjid ini tidak jauh dari Masjidil Haram, sekitar 300 meter. Saat ini terkenal dengan Masjid Al Judariyah, karena terletak di Jalan Gaza dan Judariyah.

  1. Masjid Khalid Bin Walid

Letak Masjid ini berada di Jalan Khalid bin Walid, di daerah Syubaikah. Masjid ini dijadikan tempat panji Khalid bin Walid saat Fathu Makkah.

Rasululllah Saw memerintahkan Khalid untuk bergerak ke bawah Makkah yang saat ini Rai’u Rasam. Rasulullah memerintahkan agar tidak menyerang terlebih dahulu, apabila mereka tidak menyerang. Lalu bertemu dengan pasukan Rasulullah di bukit Shafa.

  1. Masjid Ijabah

Masjid ini letaknya di sekitar daerah al-Mu’abadah, lembah perkampungan suku Qunfudz. Daerah ini berada di sebelha kiri Masjidil Haram menuju Mina, dan dibekas tempat Shalat Nabi inilah dibangun Masjid dengan Nama Masjid Ijabah, yang memiliki arti dikabulkan.

Dinamakan demikian, karena saat itu Allah mengabulkan permintaan Nabi ketika berada di Gua Hira. Apabila malam telah datang Rasulullah meninggalkan gua tersebut dan menuju Makkah, lalu Bani Qunfudz mampir untuk beristirahat dan melakukan Shalat.

Inilah sebagian dari tempat bersejarah di kota Makkah. Masih banyak sekali tempat-tempat di Makkah Mukarramah yang menyisakan goresan kisah lampau dan bernilai sejarah. Bagi jemaah yang hendak melakukan kunjungan kebeberapa tempat ini sangat diperbolehkan, jika tujuannya untuk mengenang beberapa peristiwa di Masa Rasulullah Saw dan mengambil pelajaran darinya. Namun jika ditujukan untuk tabarruk (mencari keberkatan) ataupun Ta’abbud (beribadah/ penghambaan), ini yang dilarang.

Sumber: Mukjizat Mekah dan Madinah, Encyclopedia of Islamic Civilization

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp