Jangan Sampai Waktu Ramadan Kita Terbuang Sia-Sia

Jangan Sampai Waktu Ramadan Kita Terbuang Sia-Sia
sumber : unsplash.com

Sobat Rihaal – Berpuasa bukanlah sekedar perkara menahan lapar dan haus saja. Ada banyak kemuliaan yang bisa kita dapatkan jika kita mengisi waktu dengan memperbanyak ibadah. Selain itu, menahan diri dari melakukan hal-hal yang dapat membatalkan atau mengurangi pahala puasa juga hal yang penting. sebab Ramadan, adalah waktu untuk berlomba-lomba menambah amal ibadah dan mengejar pahala yang berlipat ganda.

Lalu, apa saja kesalahan-kesalahan yang acapkali tidak kita sadari dalam melakukannya di bulan Ramadan ini? Berikut uraiannya:

Tidak Mengerjakan Shalat

Ini merupakan kesalahan paling fatal dan dosa paling buruk. Barangsiapa meninggalkan shalat setelah bulan Ramadhan, berarti telah menghancurkan bangunannya dan menguraikan benang yang sudah dipintal dengan kuat.

Nabi SAW bersabda, “(Batas) antara seseorang dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim)

Melakukan Perbuatan Haram

Mungkin sebagian dari kita tidak menyadari terkadang masih melakukan hal-hal haram seperti; ghibah, namimah, berbohong, menipu dan lainnya. Sebagaimana sabda Nabi SAW, “Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan keji dan dusta, serta melakukannya, Allah tidak butuh dengan puasanya.” (HR. Bukhari)

Menyia-nyiakan waktu malam hari di bulan Ramadan dengan sesuatu yang tidak bermanfaat

Pada malam hari di bulan Ramadan, sebagian orang menghabiskan waktu mereka dengan menonton sinetron, film dan hal lain yang tidak bermanfaat. Padahal, Rasulullah SAW saja bersungguh-sungguh beribadah di bulan Ramadan ini, melebihi kesungguhan beliau di bulan-bulan lainnya.

Terlalu Banyak Makan dan Minum saat berbuka maupun saat Sahur

Rasa lapar saat berpuasa, terkadang membuat kita khilaf saat akan berbuka. Tetapi, ketika kita berlebih-lebihan dengan beraneka ragam jenis makanan yang dapat menyebabkan seseorang menjadi kurang baik pencernaannya sehingga merasa berat untuk beribadah dan malas shalat dan membaca Al Qur’an.

Sesuai dengan firman Allah Ta’ala “Makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan” (QS. Al-A’raf : 31)

Demikianlah sobat, semoga penjelasan diatas bisa mengingatkan kita semua. Dan sebagai seorang Muslim, hendaknya kita harus lebih meningkatkan ibadah di bulan Ramadan. Jangan sampai waktu kita terbuang sia-sia. Semoga kita mampu memaksimalkan ibadah aamiin..

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp