Jangan Bingung, Simak Tips Berbelanja Murah di Makkah Madinah

Jangan Bingung, Simak Tips Berbelanja Murah di Makkah Madinah

Sobat Rihaal – Menjelang hari-hari terakhir di umroh, biasanya jamaah akan disibukkan dengan belanja berbagai souvenir maupun makanan khas dari sana. Ada yang berbelanja oleh-oleh untuk kenang-kenangan di rumah, ada pula yang memborong untuk kemudian dibagikan dengan sanak saudara. Akan tetapi, terkadang masih ada jamaah yang bingung memilih oleh-oleh serta dimana tempat belanja yang murah. Eits, tidak usah bingung, sobat bisa simak tips berbelanja berikut ini. Apa sajakah itu?

Belanja Kurma di Pasar Kurma Madinah

Oleh-oleh khas pertama yang tidak pernah dilewatkan oleh para jamaah ialah Kurma. Jika ingin membeli kurma, sebaiknya sahabat berbelanja saat di Madinah. Alasannya tidak lain karena kurma dijual lebih murah dan kualitasnya relative lebih baik dibandingkan di Makkah. Selisih harga kurma di Makkah dan Madinah bisa mencapai setengah kalinya.

Di Pasar Kurma Madinah, terdapat berbagai jenis kurma dengan harga yang bervariasi. Mulai dari 15 SAR sampai 100 SAR per kilogramnya. Selain kurma, anda juga dapat menemukan kacang arab, buah tin, rumput Fatimah, serbuk kurma, tasbih koka, dan biscuit-biskuit yang terbuat dari bahan dasar kurma di pasar ini. Pasar Kurma terletak sekitar 60 meter di sebelah selatan Masjid Nabawi. Pasar ini dibuka sejak pkl 7 hingga pkl 10 malam waktu setempat.

Supermarket Bin Dawood

Bagi sahabat yang ingin berbelanja baju, Supermarket Bin Dawood lah pilihannya. Terdapat Disana, merupakan tempat membeli barang dalam jumlah besar. Jika satu potong gamis yang dijual di toko-toko busana di sekitar Masjidil Haram dibanderol dengan harga 40 riyal, maka di supermarket ini anda dapat membeli satu kodi (20 potong) baju yang sama dengan harga 30 riyal per potong. Murah bukan? Belum lagi ditambah diskon yang ditawarkan oleh para penjual.

Pasar Jakfariyah

Jika Madinah surganya kurma, maka Makkah bisa dikatakan menjadi surganya para pecinta barang elektronik. Pasar Jakfariyahyang terletak 1 km dari Masjidil Haram ini, menjual berbagai keperluan ibadah, termasuk perhiasan emas, jam tangan, dan barang-barang elektronik berupa telepon genggam. Tidak usah khawatir tidak bisa berbahasa Arab, sebab mayoritas penjualnya juga bisa menggunakan bahasan Indonesia walaupun dengan logat Arab.

Balad

Tempat terakhir yang menjadi surga belanja bagi para jamaah adalah Balad. Sebuah pusat perbelanjaan kelas tinggi yang menawarkan produk terbaru dari merek ternama dari Milan dan Paris. Disana menjual aneka produk fashion dan souvenir dengan harga murah. Selain itu, ada juga karpet, abaya, aneka merk minyak wangi, tasbih, sajadah, jam tangan, kerudung, hingga hen. Harga satuan tasbih dibanderol hanya 1 riyal dan harga satuan aneka dompet kulit antara 10 hingga 15 riyal. Murah bukan?

Nah, sekarang sobat sudah tahu bukan? tempat berbelanja yang murah di Makkah dan Madinah. Semoga tips kali ini dapat memberikan manfaat untuk sobat semua yaa. Eits, tapi jangan terlalu fokus untuk berbelanja, tetap fokuskan diri untuk beribadah.

 

 

sumber : kabarmakkah.com

934 total views, 7 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini