Jalan-Jalan Ke Turki? Jangan Lupa Singgah Di Bursa

Jalan-Jalan Ke Turki? Jangan Lupa Singgah Di Bursa

Sobat Rihaal – Turki tidak hanya ada Istanbul dan Ankara saja, tetapi ada juga Bursa yang menjadi destinasi favorit wisatawan karena menyimpan banyak peninggalan sejarah Islam. Kota Bursa, terletak di kawasan Kartal, bagian tepi laut Marmara. Tepatnya antara kota Meltepe dan Pendik. Daerah ini merupakan salah satu distrik Istanbul yang berada di benua Asia yang padat dengan penduduk.

Sejarah Bursa

Kota Bursa didirikan pertama kali oleh Prusias, Raja Bythania pada tahun 230-192 SM. Sebelum dinamakan Bursa, kota ini bernama Prusa yang diambil dari nama sang raja. Setelah penaklukan oleh Kekaisaran Ottoman Orhan Gazi pada tanggal 6 April 1326, nama Prusa diubah menjadi Bursa. Ada juga yang menyebut Bursa dengan Green and Paradise Bursa karena kehijauannya.

Distrik Bursa

Lokasi Bursa terletak di kaki Gunung Uludag setinggi kurang lebih 2500 mdl. Wilayah pegunungan ini merupakan winter resort terkenal di Turki. Kota Bursa sendiri terdiri dari banyak distrik seperti Nilufer, Yildirim, Osman Gazi, Buyuk Orhan, Gemlik, Gursu, Harmancik, Inegol, Iznik, Karacabey, Mudanya, Kestel, Mustafa Kemal Pasha, Orhangazi, Orhaneli, Karacabey, dan Yenisehir.

Kondisi Cuaca

Seperti di artikel sebelumnya yang membahas tentang musim di Turki. Turki memiliki 4 musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim panas. Untuk di Bursa umumnya cuacanya cenderung beriklim panas sedang dan hujan, namun jenis iklimnya bervariasi dari satu daerah ke daerah lainnya. Di sisi selatan, Uludag memiliki hujan dan dingin, sementara tempat di utara memiliki kondisi cuaca yang panas sedang.

Baca Juga : Berminat Ke Turki? Yuk Cari Tahu Dulu Cuaca Yang Tepat Untuk Berkunjung Kesana

Destinasi Wisata

Destinasi yang paling menarik di Kota Bursa ialah Masjid Hijau atau Yesil Camii dan Koza Han. Mengapa dinamakan Masjid Hijau? Sebab warna interior masjid sebagian besar di dominasi dengan warna hijau dan toska. Masjid Hijau ini beridiri diatas sebuah bukit di Kota Bursa. Dibangun oleh arsitek bernama Haci Ivaz Pasha atas perintah dari Sultan Celebi Mehmet pada tahun 1419 hingga 1421.

sumber: www.turkishpropertyport

Kemudian ada Koza Han yang menjadi pusatnya kain sutra di Kota Bursa. Tak heran jika di Koza Han ini banyak ditemukan toko-toko penjual kain sutra, da nada juga café serta restaurant. Selain itu ada juga menu makanan khas Turki yaitu Kebab, yang ternyata berasal dari Kot Bursa ini loo..

sumber: www.turkishpropertyport1

79 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini