ISTANBUL

ISTANBUL

Istanbul adalah ibu kota Kesultanan Turki Utsmani. Kota ini sebelumnya merupakan ibu kota Kekaisaran Bizantium yang bernama Konstantinopel. Di masa kejayaaannya, Bizantium adalah sebuah negara adidaya yang hanya dapat disaingi oleh Persia. Pada tahun 1453 Turki Utsmani merebut Konstantinopel yang telah bertahan selama seribu tahun sebagai ibu kota Binzantium, dan menjadikannya sebagai pusat pemerintahan.Kekuasaan Turki Utsmani meliputi wilayah yang sangat luas, seperti Eropa Timur, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Penaklukan Konstantinopel, telah dilakukan sejak lama. Namun, semua yang dilakukan pada masa Khulafa ar-Rasyidun, Dinasti Umayyah dan Dinasti Abbasiyah mengalami kegagalan. Dan di masa Turki Utsmani dan Sultan Muhammad al-Fatih lah, Konstantinopel akhirnya runtuh.

Istanbul merupakan salah satu kota tertua di dunia. Kota ini dididrikan sekitar abad ke-7 SM. Pada tahun 330, kota ini dijadikan sebagai ibu kota Romawi oleh Kaisar Konstantin. Namanya kemudian diubah menjadi konstantinopel untuk menghormatinya. Pada awalnya, Konstantinopel menjadi ibu kota bagian timur Kekaisaran Romawi. Namun pada tahun 395, setelah Romawi Timur dikenal sebagai Bizantium dan memisahkan diri dari kekuasaan Romawi yang berpusat di Roma, Italia, Konstantinopel menjadi ibu kota Kekaisaran Romawi Timur.

Pada tahun 1453, Sultan Muhammad II berhasil merebut Konstantinopel dari tangan Bizantium –dan karenanya ia menyandang gelar al-Fatih (sang Penakluk) atas keberhasilannya tersebut. Sejak saat itu nama Konstantinopel berubah menjadi Istanbul, yang berarti kota Islam. Turki Utsmani kemudian menjadikan Istanbul sebagai pusat pemerintahannya. Kota yang strategis ini terletak di Selat Bosphorus yang menghubungkan dan memisahkan dua benua, Eropa dan Asia. Kota ini juga menjadi pusat bisnis yang penting dan pintu gerbang ke wilayah Timur.

Sejak menjadi ibu kota Turki Utsmani, Istanbul menjadi pusat penyebaran Agama Islam. Dan berhasil mengembangkan pusat peradaban Islam dan dunia. Dan di kota ini pula dibangun berbagai bangunan-bangunan penting dan monumental, untuk melengkapi bangunan-bangunan yang telah ada sebelumnya.

Istanbul tidak hanya menjadi kota terbesar di Turki, namun juga menjadi salah satu kota terbesar di Eropa. Populasinya telah mencapai lebih dari 14 juta per Desember 2015. Tidak hanya besar, dengan populasi yang banyak menjadikan kota ini sebagai kota terpadat di Turki. Istanbul menjadi kota metropolis yang ramai, dengan kekayaan alam, budaya dan sejarah yang melimpah.

Sebagaimana yang telah disebutkan, Istanbul adalah kota yang mempertemukan dua benua, yaitu Asia dan Eropa. Oleh karena itu, Istanbul menyimpan kebudayaan yang sangat beragam, yang terdiri dari kebudayaan Barat yang tercampur dengan kebudayaan tradisional dari Timur. Bangunan-bangunan dan benda-benda seni, serta peninggalan-peninggalan yang terdapat di kota ini merupakan percampuran dari kebudayaan asli Turki, Bizantium, dan Romawi.  Sebagai kota terbesar kegiatan perekonomian, perindustrian, pariwisata, hiburan, dan pendidikan berkembang pesat di Istanbul.

Berwisata ke Istanbul, ibarat melakukan perjalanan ke masa lalu dengan peradaban yang modern. Berbagai bangunan peninggalan Romawi, Bizantium, dan Turki Utsmani tetap terjaga dengan baik, berdampingan dengan bangunan-bangunan modern yang terus berkembang pesat.

Di antara tempat wisata di Istanbul yang sering dikunjungi wisatawan adalah:

  1. Selat Bosphorus
  2. Istana Topkapi
  3. Museum Hagia Shopia
  4. Grand Bazaar
  5. Spice Bazaar (Egyptian Bazaar)
  6. Taksim Square

Penjelasan lebih rinci, insyallah kami akan ulas satu persatu pada tulisan selanjutnya. Bi idznillah.

Semoga kita semua diberikan kesempatan untuk berkunjung dan mengenal peradaban Islam di Istanbul, tempat di mana Islam  sempat mencapai masa kejayaannya. Dan dapat mengambil Ibroh darinya. amiin

yuk akhuna fillah, yang ingin beribadah sekaligus napak tilas sejarah kota Istanbul, dengan beragam peradabannya. insyallah kami buka trip Umroh + Turki.

Info: Mohamad Irsyad 0822 50000 763

 

33 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini