INGAT-INGAT TANGGAL DAN HARINYA. PUASA SUNNAH DI BULAN MUHARRAM

INGAT-INGAT TANGGAL DAN HARINYA. PUASA SUNNAH DI BULAN MUHARRAM

Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam penanggalan Hijriyah. Bulan ini disebut oleh Nabi Muhammad SAW sebagai Syahrullah (Bulan Allah). Tentunya bulan ini memiliki keutamaan yang sangat besar, salah satunya dianjurkan untuk berpuasa dan banyak beramal sholih di bulan tersebut.  Lalu, pada tanggal berapakah anjuran puasa di bulan Muharram itu? simak penjelasannya dibawah :

Anjuran Puasa Muharram

Rasulullah SAW mendorong kita melakukan puasa pada bulan Muharram sebagaimana sabdanya,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara sholat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam. “ (HR. Muslim No. 1163, dari Abu Hurairah)

Hadits diatas menjadi landasan dianjurkannya berpuasa di bulan Muharram ini. Ada beberapa tanggal yang memang lebih diutamakan, diantaranya ialah :

Senin, 7 Muharram / 17 September 2018 yaitu Puasa Sunnah Senin

Rabu, 9 Muharram / 19 September 2018 yaitu Puasa Tasu’a

Kamis, 10 Muharram / 20 September 2018 yaitu Puasa Asyura

Jumat, 11 Muharram / 21 September 2018 yaitu puasa yang mengikuti puasa Asyura

Ahad s/d Selasa 13,14,15 Muharram / 23-25 September 2018 yaitu Puasa Ayyamul Bidh

Kamis, 17 Muharram / 27 September 2018 yaitu Puasa Sunnah Kamis

Senin, 21 Muharram / 1 Oktober 2018 yaitu Puasa Sunnah Senin

Kamis, 24 Muharram / 4 Oktober 2018 yaitu Puasa Sunnah Kamis

Senin, 28 Muharram / 8 Oktober 2018 yaitu Puasa Sunnah Senin

Ingin mengisi akhir tahun dengan ber-muhasabah diri di Tanah Suci? daftar disini:

Tidak Harus Berpuasa Sebulan Penuh

Dikatakan oleh ‘Aisyah radhiyallahu ‘anhu jika,

وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلاَّ رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْتُهُ فِى شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِى شَعْبَانَ

“Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW berpuasa sebulan penuh selain di bulan Ramadhan. Aku tidak pernah melihat beliau banyak puasa dalam sebulan selain pada bulan Sya’ban. “ (HR. Muslim No. 1156)

Oleh karena itu, faktanya.. anjuran untuk berpuasa di bulan Muharram ini pun tidak memberatkan kita semua. Jika tidak mampu, berpuasalah sesuai kemampuan.

Keutamaan Berpuasa di Hari ‘Asyura (10 Muharram)

Sebetulnya ada satu puasa di bulan Muharram itu yang paling utama atau paling dianjurkan. Yaitu puasa pada tanggal 10 Muharram (‘Asyura). Namun dalam rangka menyelisihi Yahudi, kita diperintahkan pula untuk berpuasa di hari sebelumnya yaitu berpuasa pada hari kesembilan (Tasu’a).

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, “Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ‘Asyura, dan beliau menjawab “Puasa ‘Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Meskipun begitu, ada beberapa ulama yang mengatakan makruh hukumnya jika hanya berpuasa pada tanggal 10 Muharram saja tanpa berpuasa di tanggal 9 Muharram. Namun ada sebagian ulama yang tidak mempermasalahkan. Allahu a’lam… jangan jadikan perdebatan tersebut menjadi pengahalang kita untuk beribadah. Tidak mengapa jika berpuasa hanya pada tanggal 10 Muharram, karena seperti itulah yang dilakukan oleh Rasulullah selama beliau hidup.

Info Paket Umroh Klik Disini

171 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini