Teh Turki Sajian Khas yang Tidak Bisa Ditolak

Teh Turki Sajian Khas yang Tidak Bisa Ditolak

Sahabat, minuman yang mungkin tidak bisa kalian hindari di negara Turki adalah teh. Di Turki minum teh sudah menjadi budaya unik tersendiri. Minum teh sudah ada sejak zaman para pendahulu dan pendiri negara Turki ini. Budaya minum merupakan kebiasaan turun temurun dan dilestarikan hingga sekarang ini. Tradisi minum teh di Turki ini dianggap sebagai tanda penyambutan bagi tamu baik di rumah dan restaurant.

Teh di Turki

Teh juga selalu ada di saat ada obrolan santai bersama keluarga, biasanya teh di hidangkan bersama makanan kacang-kacangan kering (kuruyemis) ataupun kue-kue kering (kurabiye), serta makanan kue manis yang paling terkenal di turki, tak lain dan tak bukan adalah baklava.

Tradisi minum teh di Turki menggunakan beberapa peralatan yang terbilang cukup unik. Pertama yang wajib di siapkan adalah çay danlık (poci teh dua tingkat). Poci tingkat bawah diisi dengan air, sedangkan bagian tingkat atas dikosongkan. Saat suhu poci atas naik, masukkanlah beberapa sendok teh di poci tingkat atas, lalu tutup dan tunggu poci tingkat bawah airnya mendidih. Setelah air poci bawah mendidih, kecilkan api lalu tuang airnya ke poci bagian atas.

Penyajian Teh di Turki

Tujuan meletakkan bibit teh pada bagian poci atas adalah untuk menjauhkan bibit teh langsung dari api, jika bibit teh langsung terpapar api, kalian tak akan mendapatkan warna, aroma, serta rasa teh yang sempurna. Teh turki disajikan dalam gelas kecil berbentuk bunga tulip. Teh harus dihidangkan dalam keadaan panas, sehingga cocok dengan ukuran gelas yang kecil, bisa hanya beberapa kali tegukan tanpa harus mendinginkannya terlalu lama. Gelas teh berbentuk tulip, mempermudahkan kalian memegang pinggang gelas, dan menghindari kemungkinan gelas lepas dari genggaman tangan kalian.

Dalam budaya teh Turki sebagai tuan rumah kita tidak boleh berkata “Maaf, kami tidak punya sisa teh!” kepada tamu. Sebagai tuan rumah mereka akan terus menambakan teh kepada tamu jika habis sampai tamu tersebut meletakkan sendok teh di atas gelas teh yang berarti “Terimakasih, ini sudah cukup”.

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp