[Info Haji] Kemenkes Siapkan 70 Ton Obat-obatan untuk Jamaah Haji

[Info Haji] Kemenkes Siapkan 70 Ton Obat-obatan untuk Jamaah Haji
sumber : orangenews.com

Sahabat, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia telah menyiapkan 70 ton obat-obat untuk jamaah haji Indoneisa. Berdasarkan laporan dari Kementrian Agama Republik Indonesia bahwasannya sampai hari Sabtu (28/7) kemarin, sudah sekitar 191 kloter yang terdiri dari 78.029 jemaah haji yang telah mendarat di Tanah Suci. Dan sekitar 20.454 jemaah di antaranya mulai memasuki Makkah.

Perlengkapan Obat

Dengan sudah memasukinya wilayah Tanah Suci, pemerintah Indonesia menghimbau agar para jamaah senantiasa menjaga kesehatan terkait dengan perubahan cuaca selama disana. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pun telah bergerak cepat dengan menyiapkan perbekalan kesehatan dan obat-obatan untuk jamaah haji Indonesia.

Paket obat-obatan yang diberikan terdiri dari 2 lembar masker kain, 1 kotak masker sekali pakai berisi 50 lembar, 1 botol penyemprot air ukuran 500 militer, 10 sachet oralit, 1 tube balsam, 5 lembar plester, 4 lembar tisu basah untuk mandi, dan 1 kantong paket untuk membungkus perlengkapan tadi. Semua barang-barang ini diberikan kepada jamaah haji di masing-masing embarkasi.

Kesigapan Pemerintah

Menurut kabar, ada sekitar 70 ton obat-obat untuk jamaah. Adapun pembagiannya ialah 20% untuk Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah dan 80% untuk KKHI Makkah, termasuk Armina. Adapun obat yang paling banyak disiapkan oleh KKHI Madinah adalah analgetik non narkoba yaitu obat-obat yang digunakan sebagai penghilang rasa sakit. Sementara itu ada juga obat-obat anti hipertensi, anti alergi, anti infeksi, anti virus, anti jamur, anti parkinson, obat pengencer darah, antibiotik dan lain sebagainya.

Petugas pendamping juga dibekali obat-obatan

Selain itu, petugas pendamping jamaah juga dibekali dengan obat-obatan. Tahun ini obat yang diberikan ada sekitar 511 paket. Menurut Kepala Bidang Kesehatan Arab Saudi, Melzan Dharmayuli, TKHI tidak perlu cemas kekurangan obat. “Bila obat-obatan tersebut sudah habis, maka TKHI dapat meminta di Depo Farmasi yang ada di klinik kesehatan haji Indonesia di madinah.” katanya pada siaran pers, Minggu (30/7/2018)

Dengan adanya berita ini, diharapkan seluruh jamaah haji Indonesia tidak perlu khawatir, dan keluarga yang berada di tanah air pun bisa merasa tenang. Kita doakan semoga jamaah haji dari seluruh dunia diberi kelancaran dalam beribadah, dan semoga bisa menjadi haji mabrur. aamiin

 

referensi : muslim.okezone.com

7 total views, 6 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini