Indahnya Blue Mosque, Mengundang Gairah Kebangkitan

Indahnya Blue Mosque, Mengundang Gairah Kebangkitan
sumber : thefella.com

Sobat Rihaal – Ke Istanbul tidak lengkap rasanya jika belum menjelajahi kawasan Kota Tua. Disinilah pusat Kota Konstatinopel dulu berada. Diantaranya ada peninggalan kekaisaran Romawi sekaligus Kekhilafahan Turki Ustmani yang tiada duanya. Salah satunya adalah Masjid Biru atau Blue Mosque atau biasa disebut juga Masjid Sultan Ahmed. Blue Mosque merupakan bangunan masjid yang dibangun pada tahun 1609, nama resmi masjid ini adalah Masjid Sultanahmet.

Lokasi Masjid

Masjid ini terletak di kawasan Sultanahmet Square, tepatnya di wilayah Istanbul di benua Eropa. Blue Mosque menjadi kebanggaan bagi masyarakat Turki, dan menjadi daya tarik utama khususnya umat Islam dari mancanegara. Blue Mosque ini memiliki 6 Menara yang begitu megah dengan desain kubah yang terlihat bertumpuk-tumpuk. Dinding masjidnya dihiasi dengan 20.000 keping keramik yang berwarna biru, serta terpampang berbagai macam ornament abstrak yang mengandung nilai seni tinggi.

Bersyukur, jama’ah Rihaal mendapatkan kesempatan untuk tidak hanya berkunjung tapi juga sholat jama’ah dhuhur di Masjid megah ini. Mengikuti proses dari mulai azan dikumandangkan, iqomah dan sholat berjama’ah. Yang khas dari Masjid di Turki adalah 2 bagian bangunan yang ada di dalamnya. Sepertinya ini wajib ada yah. Dan itu berlaku di semua Masjid baik Masjid Besar yang bersejarah maupun Masjid kecil di kampung-kampung. Yaitu mimbar yang tinggi dengan anak tangga yang lumayan banyak dan tempat untuk azan dan iqamah.

Nah, kapan Anda mengajak keluarga ke tempat bersejarah ini?

 

 

writer : Arif Prasetyo Aji

5 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini