IduI Adha Momentum untuk Teladani Kisah Nabi Ibrahim

IduI Adha Momentum untuk Teladani Kisah Nabi Ibrahim
sumber : www.duasureayet.com

Menjelang perayaan Idul Adha, ada sebagian masyarakat yang sudah mulai membeli hewan Qurban seperti Kambing dan juga Sapi. Idul Adha adalah hari raya kedua bagi umat Islam yang dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah (bulan ke-12 dalam kalender Islam). Tahun ini momen Idul Adha jatuh pada hari Rabu, 22 Agustus 2018.

Mengapa ada Idul Adha?

Jika kita menengok sisi historis dari perayaan Idul Adha ini, maka pikiran kita akan teringat kisah teladan Nabi Ibrahim, yaitu dalam kitab “Misyakatul Anwar” disebutkan bahwa konon Nabi Ibrahim memiliki kekayaan mencapai 12.000 ekor ternak. Ketika pada suatu hari, Ibrahim ditanya oleh seseorang “Milik siapa ternak sebanyak ini?” maka dijawabnya, “Kepunyaan Allah, tapi kini masih milikku. Sewaktu-waktu bila Allah menghendaki, aku serahkan semuanya. Jangankan Cuma ternak, bila Allah meminta anak kesayangnku Ismail, niscaya akan aku serahkan juga.”

Ibnu Katsir dalam tafsir Al-Qur’anul ‘adzim mengemukakan bahwa, pernyataan Nabi Ibrahim yang akan mengorbankan anaknya jika dikehendaki oleh Allah itulah yang kemudian dijadikan bahan ujian. Nabi Ibrahim diuji agar mengorbankan putranya yang kala itu masih berusia 7 tahun. Peristiwa tersebut diceritakan dalam Al-Qur’an, yang artinya

Ibrahim berkata : “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu “maka fikirkanlah apa pendapatmu? Ismail menjawab : Wahai bapakku kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.” (QS. As-saffat : 102)

Singkat cerita, ketika Nabi Ibrahim mulai mengarahkan pisaunya ke leher sang anak, tiba-tiba Allah berseru dengan firmannya menyuruh menghentikan perbuatannya tidak usah diteruskan pengorbanan terhadap anaknya. Allah telah meridhoi kedua ayah dan anak memasrahkan tawakkal mereka. Sebagai imbalan keikhlasan mereka, Allah mencukupkan dengan penyembelihan seekor kambing sebagai korban, sebagaimana diterangkan dalam Al-Qur’an serat As-Saffat ayat 107-110.

Arti Qurban di Hari Idul Adha

Setelah kita mengetahui kisah dibalik Idul Adha, selanjutnya adalah kita perlu memaknainya, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketaqwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Idul Adha artinya hari raya penyembelihan. Hal ini untuk memperingati ujian paling berat yang menimpa Nabi Ibrahim. Akibat dari kesabaran dan ketabahan Ibrahim dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan. Allah memberinya sebuah anugerah, sebuah kehormatan “Khalilullah” (kekasih Allah).

Nah sahabat, dengan penjelasan diatas patutnya kita semakin mendekatkan diri kepada Allah dan meniatkan segala urusan kita hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Semoga kisah dari Nabi Ibrahim ini bisa menggerakkan hati kita untuk senantiasa bersyukur dan ikhlas dalam segala hal.

 

 

sumber : www.amalqurban.com

10 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini