Hidangan Ramadhan Manis Saat Berbuka Khas Turki

Hidangan Ramadhan Manis Saat Berbuka Khas Turki

Assalamualaikum sahabat… Gimana nih puasanya? Lancar? Lancar dong ya…

Siang-siang begini… pasti bunda lagi sibuk memikirkan menu apa yang cocok untuk santapan berbuka…

Nah… kami mau ngasih rekomendasi nih buat bunda di rumah. Biar menunya nggak itu-itu aja…

Namanya Güllaç, makanan ini adalah makanan khas  Ramadhan dari negeri Ustmani (Turki). Mungkin buat  sahabat yang sudah pernah berkunjung ke Turki pernah mencoba jenis makanan ini. Dan jikapun belum mencobanya, nggak usah gundah ya sahabat dan bunda di rumah. Karena makanan khas Ramadhan ini bisa kok dibuat di rumah…

Oiy, dessert ini ada sejarahnya juga loh sahabat…

Singkat sejarahnya, bahwa sekitar abad ke-15 saat itu orang-orang Turki memproduksi adonan dari maizena/ tepung jagung yang mereka keringkan saat musim panas. Setelah adonan dicampur dengan susu dan gula, mereka akan makan di musim dingin. Di pertengahan kedua abad ke-15, sultan mengadopsi makanan ini di dapur istana dan dimodifikasi jadi dessert yang dikenal hingga sekarang dengan nama Güllaç.

Dessert ini bisa dicampur air mawar atau nggak ya terserah, tapi orang di istana pakai air mawar untuk menciptakan efek refreshing dan rasa manis. Sedangkan nama Güllaç berasal dari Güllü dan aş, yang artinya “makanan dari mawar” dan dipendekkin jadi Güllaç.

Jadi Güllaç ini terbuat dari campuran susu dan air mawar. Setelah matang, kue ini bisa dihias/ ditaburi dengan buah-buahan, kacang dan buah delima. Güllaç bisa dibilang asal muasal baklava, karena mereka ya emang serupa yang ada lapis-lapisan dan ada kacangnya.

Rasanya? Seger banget, nggak bikin enek, juicy dan jadi pengen makan terus. Lembaran kulitnya lembuuut banget, apalagi kalo dipadu dengan susu dan air mawar, kacang yang crunchy, rasa manis dan dingin-dingin seger, merupakan perpaduan yang pas banget! Cocok banget deh untuk menu berbuka…

Nah… jadi penasaran kan bunda… bagaimana cara membuatnya….??? simak ya…

Resep Güllaç

Bahan-Bahan:

– 8 lembar phyllo/ kulit pastry

– 1 liter susu sapi cair

– Kacang pistachio, haluskan (kalau yang belum tau.. search di google ya bunda..)

– 5 sdm gula pasir

– 6 buah ceri segar (optional bisa diganti buah kesukaan anak atau suami tercinta)

Cara memasaknya:
1. Rebus susu sapi dan gula pasir sampai mendidih
2. Lipat phyllo jadi 2 bagian
3. Tuangkan susu hangat sedikit demi sedikit di atasnya
4. Taburkan kacang walnut
5. Tutup adonan dengan lapisan phyllo
6. Tuangkan susu ke seluruh permukaan phyllo
7. Taburkan pistachio
8. Hias dengan ceri

This is it……..

Gimana nih sahabat mudah bukan…? nah sekarang… saatnya untuk direalisasikan untuk dihidangkan di meja makan. 😀

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp