Hari Korps Cacat Veteran Indonesia

Hari Korps Cacat Veteran Indonesia

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya itulah kata bapak negara Ir. Soekarno kita. Bentuk dari mengenang jasa-jasa para pahlawan banyak macamnya.

Di Indonesia, sebagaimana yang telah diketahui oleh anak-anak bangsa, terdapat beberapa hari besar nasional untuk menghormati dan menghargai jasa pahlawannya. Seperti perayaan kemerdekaan 17 Agustus yang hampir semua anak bangsa tau. Dan untuk perayaannya sendiri nggak hanya dilakukan di kantor-kantor pemerintahan, perkantoran Swasta bahkan juga turut dilakukan oleh kalangan pelajar, dari mulai tingkat universitas hingga taman kanak-kanak. Kegiatannya pun beragam, dari mulai upacara bendera, festival budaya, hingga perlombaan – perlombaan desa. Nggak hanya itu, publik juga tidak luput dari perayaan Hari Pahlawan yang diperingati pada tanggal 10 November. Sama halnya dengan perayaan Hari Kemerdekaan, Hari pahlawan juga diperingati dengan wujud yang beragam.

Namun, tahukah kita Hari Korps Cacat Veteran Indonesia?

Saya yakin, untuk Hari besar ini, mayoritas dari kita agaknya lupa, karena tidak ada tanggalan merah dalam kalendar nasional kita dan tak ada pula perayaan besar seperti dua hari besar yang disebutkan sebelumnya.

Nah… buat sahabat yang masih asing dan masih bertanya apa sih “Hari Korps Cacat Veteran Indonesia”, seperti yang saya dapatkan dari beberapa sumber, dinyatakan bahwa,” Korps Cacat Veteran Republik Indonesia (KCVRI) adalah sebuah organisasi yang dibentuk sebagai penghargaan pemerintah bagi para cacat veteran. Sayangnya, keberadaan mereka mulai dilupakan oleh kita. Padahal jika kita mengingat sejarah, tanpa jasa mereka, kita tidak mungkin dapat menikmati kemerdekaan. Mereka rela kehilangan beberapa bagian anggota tubuhnya dan menjadi cacat untuk membela bangsa dan negara kita,

Menurut situs Wikipedia ada tiga tingkatan veteran. Pertama, veteran perang kemerdekaan. Kedua, veteran perang untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa dari agresi luar negeri. Ketiga, veteran perang untuk membela kepentingan bersama bangsa-bangsa yang menjadi sekutunya, atau membela kepentingan politik tertentu negaranya.

Di Indonesia saat ini ada dua kategori veteran, yaitu Veteran Pejuang Kemerdekaan bagi yang bertempur dalam perang kemerdekaan tahun 1945-1949, dan Veteran Pembela Kemerdekaan bagi yang pernah bertempur selama Trikora dan Dwikora,  juga yang di Timor-Timur tahun 1975-1976.”

Kira-kira itulah pengertian dari Hari Korp Cacat Veteran Indonesia. Hari besar ini sejatinya dibentuk, tak hanya untuk mengenang jasa mereka, melainkan agar kita sebagai generasi penerus bangsa, mau untuk belajar, serta tak sungkan untuk mengucap kasih atas apa yang telah dapat dinikmati saat ini.

Veteran ini rela menyerahkan seluruh raganya untuk mempertahankan jati diri bangsa, mempertahankan keutuhan negara, serta kedaulatannya. Maka sudah selayaknya, kita sebagai generasi penerusnya tak cukup hanya berucap “terima kasih”, namun memvisualisasikan kata “terima kasih” tersebut dalam bentuk perilaku sehari-hari kita.

Demikianlah seharusnya kita berterimakasih pula terhadap pahlawan Agama, sebagai muslim tentunya rasa terima kasih tak hanya layak untuk diucapkan, melainkan menjadi keharusan untuk direalisasikan. Wujud mengenang jasa merekapun tak cukup hanya mengenal, namun mengetahui sejarah, serta mengunjungi tempat – tempat yang bernilai sejarahnya pun rasanya harus dilakukan. Sebagai wujud realisasi dari rasa terimakasih kita. agar kita sebagai generasi umat penerusnya, dapat mengambil pelajaran dari setiap kisah-kisahnya.

Itupun yang selama ini Rihaal lakukan dalam setiap perjalanan rohaninya. Mengunjungi tempat bersejarah menjadi agenda yang pasti diadakan. agar tak hanya tercipta satu makna, melainkan dapat menghadirkan berjuta makna bagi sahabat-sahabatnya.

 

38 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini