Hanya 6 Hari, Tetapi Pahalanya Seperti Berpuasa Setahun. Mau?

Hanya 6 Hari, Tetapi Pahalanya Seperti Berpuasa Setahun. Mau?

Sobat Rihaal, meskipun bulan Ramadhan kini telah berlalu, bukan berarti perbuatan baik serta amalan ibadah kita selama bulan Ramadan ikut berlalu juga yaa. Justru harus kita tingkatkan dan ditambah dengan amalan ibadah lain. Salah satunya adalah berpuasa selama 6 hari di bulan Syawal.

Perintah untuk berpuasa enam hari di bulan Syawal

Berpuasa di bulan syawal ini selain dianjurkan oleh baginda Rasulullah SAW, juga karena mempunyai keutamaan yang sangat istimewa. Beliau bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

Artinya, pahala tersebut merupakan balasan dari paket puasa Ramadhan yang dilanjutkan dengan 6 hari puasa pada bulan Syawal. Akan tetapi, jika ada orang yang tidak puasa Ramadhan tetapi puasa 6 hari di bulan syawal, maka secara teoritis ia tidak mendapatkan pahala tersebut.  Mengapa? Karena orang tersebut masih mempunyai hutang puasa Ramadhan. Jadi akan lebih baik jika sebelum berpuasa syawal, hendaknya kita membayar hutang puasa Ramadhan kita terlebih dahulu.

Apakah berpuasa syawal harus dilakukan berurutan?

Imam Nawawi dalam Syarh Muslim mengakatakan, “Para ulama madzhab Syafi’i mengatakan bahwa paling afdhol (utama) melakukan puasa syawal secara berturut-turut (sehari) setelah shalat ‘Idul Fitri. Namun, jika tidak berurutan atau diakhirkan hingga akhir syawal maka seseorang tetap mendapatkan keutamaan puasa syawal setelah sebelumnya melakukan puasa Ramadhan.”

Niat Puasa Syawal

Puasa Syawal tahun ini dilakukan pada tanggal 2 Syawal 1439 H atau 16 Juni 2018. Kemudian untuk niat berpuasanya adalah sebagai berikut, “Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’I sunnatis Syawwali lillahi ta’ala” artinya aku berniat puasa sunah Syawal esok hari karena Allah SWT.

Hikmah Puasa Syawal

Hikmah yang kita dapatkan saat berpuasa di bulan syawal yaitu menjaga agar diri kita tidak lepas kontrol setelah sebulan penuh melaksanakan puasa. Dan lebih dari itu, puasa syawal termasuk dalam ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh ajaran agama islam.

 

 

sumber: muslim.or.id

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp