Hagia Sophia – Indahnya Masjid Dan Gereja Dalam Satu Bangunan

Hagia Sophia – Indahnya Masjid Dan Gereja Dalam Satu Bangunan

Sobat Rihaal – Siapa yang ingin pergi berlibur ke Turki? Menjelajahi segala keindahan bangunan yang ada disana. Jika sobat tahu, Turki mempunyai banyak sekali destinasi di setiap kotanya. Seperti Istanbul, Bursa, Pamukkale, Edirne dan lainnya. Nah kali ini saya akan membahas salah satu masjid yang berada di Kota Istanbul, yaitu Hagia Sophia. Yuk simak info berikut.

Sejarah Hagia Sophia

Mungkin sebagian dari kita tidak menyangka jika Hagia Sophia ini dulunya adalah sebuah gereja. Hagia Sophia (bahasa Turki: Aya Sofya) adalah gereja pertama yang diresmikan pada 15 Februari 360 M di masa pemerintahan kaisar Konstantius II oleh Uskup Eudoxius dari Antioka. Akan tetapi setelah terjadi perang memperebutkan wilayah Konstantinopel, akhirnya perang tersebut dimenangkan oleh Sultan Al Fatih atau Sultan Mehmet II dari bangsa Osmani.

Sejak saat itulah Hagia Sophia menjadi milik bangsa Osmani, dan pada tanggal 27 Mei 1453, Sultan Mehmed II mengubah fungsi Gereja Hagia Sophia tersebut menjadi sebuah masjid. Namun, Sultan Mehmet tetap menghargai apa yang telah dibangun bangsa terdahulu. Seperti patung-patung lainnya tidak serta merta dihancurkan, melainkan dibiarkan begitu saja.

Arsitektur Masjid

Kemudian pada masa pemerintahan Turki oleh Mustafa Kemal Ataturk, Hagia Sophia dialih fungsikan menjadi sebuah museum yang terbuka untuk umum. Jika kita menengadahkan kepala ke atas, akan terlihat betapa megahnya empat kubah dengan ukuran tengahnya 30 meter, tinggi dan fundamentalnya 54 meter. Selain itu, pemandangan kaligrafi arab bertuliskan Allah dan Muhammad di desain dengan sangat indah di dalam masjid.

pict by: detik.com

Ada juga gambar Khulafaurrasyidin dan kedua cucu rasulullah Hasan dan Husain berdampingan dengan patung Bunda Maria dan malaikat agama Krsiten, serta patung-patung milik umat kristiani lainnya. Jadilah Hagia Sophia seperti masjid dan gereja dalam satu bangunan dan ruangan.

pict by : detik.com

Biaya Tiket Masuk

Sampai saat ini, Hagia Sophia tetap menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di Istanbul. Lokasinya berseberangan dengan Masjid Biru (Blue Mosque). Museum ini dibuka mulai dari pukul 09.00 sampai pkl 19.00 waktu setempat. Sedangkan untuk tiket masuknya sekitar 40 Lira Turki atau 182 ribu. Nah untuk pengunjung yang ingin naik ke lantai dua, harga tiketnya berbeda yaitu 300 ribu.

Harga tiket 300 ribu itu bisa digunakan untuk memasuki banyak museum dan berlaku selama lima hari. Usahakan datang di pagi hari sebelum terlalu ramai wisatawan atau bisa juga pada sore hari saat hagia Sophia sepi oleh pengunjung.

Trip Turki plus Umroh Rihaal 29 Desember
detik.com1

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp