FAKTA MENARIK KOTA BURSA, YANG PERLU SAHABAT TAHU SAAT BERKUNJUNG KESANA

FAKTA MENARIK KOTA BURSA, YANG PERLU SAHABAT TAHU SAAT BERKUNJUNG KESANA

Turki – Berkisah tentangnya, tak akan pernah ada habisnya. Turki tidak hanya  menawarkan kisah kisah bersejarah. Ia juga menawarkan pesonanya, dengan puluhan bangunan megah peninggalan dulu kala. Belum lagi, jika Turki sudah menunjukkan keindahan Alamnya. Siapapun yang berkunjung kesana  akan sangat dimanja dengan pesonanya yang istimewa. Dan Bursa, adalah salah satu kota yang juga menyuguhkan pesona yang tak kalah menariknya.

Bursa, adalah salah satu kota besar di Turki yang berlokasi di bagian barat laut Anatolia dan masuk dalam Wilayah Marmara Region.  Tak hanya menjadi pusat kota administrasi, Bursa juga merupakan pusat kota Industri loh. Dan menjadi Kota ke empat yang paling populer di Turki.

Lantas Apa sih fakta menarik dari kota Bursa?

1. Nama Bursa berasal dari kata Prusa, yang merupakan serapan dari nama sang raja, Prusias. Ya, karena kota Bursa didirikan oleh Prusias. Raja Bythania pada tahun 230 -192 SM.

  1. Hal menarik lainnya, Bursa merupakan ibu kota pertama di kerajaan Ottoman. Hal ini berlangsung cukup lama, yakni 28 tahun, dari tahun 1335 -1363. Jadi nggak heran kalau banyak peninggalan bangunan dan masjid tua, serta pemakaman dari para Sultan Ottoman. Tak terkecuali yang paling terkenal adalah makam sultan Ottoman kelima, Sultan Mehmed I.
  2. Selama masa periode Ottoman, Bursa dikenal dengan sebutan Yesil Bursa “Green Bursa” . nggak lain dan nggak bukan karena banyaknya taman dan perkebunan yang terletak di pusat pekotaan. Jadi, siap siap deh buat menghirup udara segar di sana.
  3. Koza han yang dibangun pada tahun 1491 sebagai sentral sutra Turki. Kini tak lagi memproduksi dan menjadi sentral sutra, melainkan sudah beralih fungsi menjadi tea garden dengan beberapa toko souvenir yang juga menjual sutra Turki dalam berbagai bentuk kerajinan khas lokal.
  4. Tahukah sahabat kota kelahiran kebab? Kuliner khas lokal ini, muncul pertama kali di Bursa loh sahabat, yang diciptakan oleh Iskender Efendi di tahun 1867. Buat sahabat yang ingin mencoba racikan kebab yang otentik dan original, sahabat bisa loh mendatangi Kebapci Iskender di sana.

Itulah beberapa fakta menarik kota Bursa. Untuk fakta lainnya, tunggu update annya ya sahabat…

41 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini