Edirne – Kota Seribu Masjid Di Bagian Utara Turki

Edirne – Kota Seribu Masjid Di Bagian Utara Turki

Sobat Rihaal – Rasanya tidak akan habis jika membahas tentang Turki dan destinasi wisata yang ada disana. Turki seolah menjadi magnet yang menarik banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Ada banyak pilihan kota di wilayah Turki yang bisa kita kunjungi. Salah satunya adalah  Edirne. Edirne (baca: ehdirneh) merupakan kota yang berada di titik paling utara Negara Turki sekaligus berbatasan langsung dengan Yunani dan Bulgaria. Kota Edirne sekarang dihuni oleh lebih dari 130.000 jiwa, dan lokasinya hanya berjarak 7 kilometer dengan perbatasan Yunani, serta 20 kilometer dari garis batas dengan Bulgaria.

Sejarah

EDIRNE dikenal dengan kota seribu masjid di Eropa. Sebelum Konstantinopel jatuh ke tangan Turki Usmani pada 1452, Edirne pernah dijadikan ibu kota pemerintahan Khalifah Usmaniyah. Dalam kurun 1365-1453, kota ini menjadi pusat kekuasaan salah satu imperium terbesar di dunia yang wilayahnya membentang sepanjang Afrika Utara, Jazirah Arab, dan Balkan Selatan.

Turki Usmani telah meninggalkan banyak jejak Islam di Edirne yang sebelumnya adalah bagian dari tradisi Kristen Ortodoks. Turki Usmani juga membangun banyak masjid megah sebagai simbol religius sekaligus lambang kekuasaan mereka di Edirne. Salah satu masjid yang paling tersohor adalah Selimiye Mosque, hasil rancangan arsitek jenius Mimar Sinan yang dibangun pada abad ke-16. Rancangan masjid ini disebut-sebut sebagai pencapaian tertinggi arsitektur Islam.

Transporatsi

Edirne dilewati oleh jalur perlintasan menuju Eropa Barat. Edirne berjarak 235 kilometer dari Istanbul. Dari Istanbul, kota ini dihubungkan dengan jalan bebas hambatan hingga perjalanan bisa ditempuh dengan cepat. Meskipun letaknya di perbatasan, Edirne terkoneksi dengan baik dengan kota-kota lain di seluruh Turki.

Bus

Cara yang paling mudah dan cepat menuju Edirne adalah menggunakan bus. Dari Istanbul Central Bus Terminal, bus menuju Edirne berangkat setiap 30 menit. Mulai pukul 07.00 pagi sampai pukul 20.00 malam. Harga tiket yang paling murah mulai 15 lira untuk sekali jalan. Edirne Bus Terminal berada 5 kilometer dari pusat kota, dan juga menyediakan shuttle service yang mengantar anda sampai ke Selimiye Mosque dan Medical Museum.

Kereta

Dari Sirkeci Train Station Istanbul, kereta menuju Edirne berangkat pukul 08.30 dan 15.50 . Sedangkan untuk rute sebaliknya, yakni dari Edirne ke Istanbul berangkat pukul 07.20 dan 15.58 .  Waktu tempuhnya sekitar 4 jam, jauh lebih lama daripada bus.

Baca juga: SERUNYA MENAIKI BALON UDARA DI CAPPADOCIA

Dolmus

Jika kebetulan bus yang anda tumpangi tidak menyediakan shuttle service, anda bisa memanfaatkan dolmus sebagai alternatif transportasi. Dolmus bisa dikatakan seperti minibus. Dari Edirne Bus Station Terminal, dolmus yang menuju Centrum berangkat hampir setiap 5 menit. Biaya untuk menaiki dolmus adalah 1 lira, sudah bisa mengantar anda ke Selimiye Mosque dan Medical Museum.

Objek Wisata di Edirne

  • Medical Museum (Sağlik Műzesi)

Medical Museum di Edirne ini merekam sejarah dunia kedokteran Islam yang kemudian menjadi fondasi kedokteran Barat modern. Kompleks ini dibangun oleh Sultan Beyazid II pada 1488 dan pada 1993, Medical Museum diresmikan sebagai satu-satunya museum medis di Turki.

Bangunan utama museum ini berisi antara lain diorama ruang bedah, dapur, kamar pasien, ruang dokter, dan ruang terapi. Bagian timur gedung utama dulunya berfungsi sebagai sekolah kedokteran. Benda-benda yang dipamerkan diantaranya perangkat bedah dari zaman kuno, ruang kelas, ruang praktik bedah, dan kamar tidur siswa.  Semua diorama itu disusun dalam ruangan sebagaimana fungsinya yang asli.

Medical Museum Edirne berada di 1,5 kilometer di sebelah barat laut pusat kota atau Centrum. Jam buka museum ini yaitu setiap hari, pukul 09.00-17.00  dengan tiket masuk sebesar 10 lira (untuk dewasa) dan 2 lira (untuk lejar dan anak-anak).

  • Selimiye Mosque

Selimiye Mosque merupakan karya terbesar dalam sejarah islam. Arsitekturnya adalah Mimar Sinan. Masjid ini dibangun pada 1568 dan selesai 6 tahun kemudian. Diameter kubah utamanya mencapai 31,25 meter dan memiliki 999 jendela yang menurut Sinan merupakan simbol kesempurnaan Allah. Interior bagian dalamnya dihiasi dengan kaligrafi dan keramik berwarna terang. Jam buka Masjid Selimiye ini setiap hari, mulai sampai isya. Untuk masuk ke masjid ini sobat tidak dipungut biaya alias gratis.

 

 

  • Eski Mosque

Eski Mosque yang berarti “masjid tua” merupakan salah satu karya arsitektur Turki Usmani yang tertua di Turki. Dibangun pertama kali pada tahun 1402 , dan direstorasi ulang tahun 1753 atas perintah Sultan Mahmud. Di dalam masjid, akan terlihat ornament-ornamen kaligrafi berukuran besar. Jam buka untuk masjid ini yaitu setiap hari mulai waktu subuh sampai isya. Dan biaya masuknya pun gratis.

 

 

  • Uc Serefeli Mosque

Serefeli Mosque dianggap sebagai hasil periode awal arsitektur klasik Islam karya Mimar Sinan. Didirikan pada tahun 1437-1447. Ciri khas dari masjid ini yaitu minaretnya memiliki tiga balkon, dan ketiga minaret tersebut masing-masing memiliki desain yang berbeda. Jam buka setiap hari mulai subuh sampai isya. Dan tidak dipungu biaya (gratis).

 

 

 

  • Ali Pasa Carsisi

Ali Pasa Carsisi adalah versi lain dari Grand Bazaar di Istanbul yang berukuran lebih kecil. Harga barang yang dijual di pasar ini dipatok sangat wajar karena pembeliannya sebagian besar warga lokal. Mulai barang pecah belah, sepatu, pakaian, bahan makanan segar, sampai barang kerajinan. Ali Pasa Carsisi terletak diantara Maarif Caddesi dan Saraclar Caddesi, sekitar 300 meter di sebelah barat Selimiye Mosque. Jam buka yaitu senin-sabtu pukul 08.00-18.00

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp