Disinilah Rumah Nabi di Mekkah, Ini Rute Menuju ke Sana

Disinilah Rumah Nabi di Mekkah, Ini Rute Menuju ke Sana

Bismillah…

Dear, Sahabat Rihaal yang dimuliakan Allah. Bagi yang berkesempatan menunaikan ibadah haji atau umroh, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini. Satu tempat yang sangat bersejarah bagi peradaban Islam. Menapaktilasi sejarah peradaban Islam bermula di tanah suci. Tempat yang menjadi salah satu basis perjuangan dan kehidupan pembawa risalah Islam. Tidak lain adalah tempat lahir sekaligus kediaman Rasul kita, Nabi Muhammad SAW yang ada di Mekkah.

Dalam buku Sirah Nabawiyah, tempat kelahiran Nabi SAW dulu dikenal dengan lembah Abu Thalib. Ketika Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, rumah ini ditinggali oleh Aqil bin Abi Thalib ra. Kemudian dilanjutkan didiami oleh anak cucu Aqil. Selanjutnya rumah itu dibeli oleh Khizran, istri Raja Bani Abbasiyah yang terkenal sukses dan ahli ibadah Harun Al Rasyid. Setelah dibeli, tempat itu lalu dibangun sebuah masjid Al-Khaizuran. Namun, karena berdekatan dengan Masjidil Haram, masjid itu lalu dihancurkan dan akhirnya dijadikan perpustakaan umum oleh Syaikh Abbas Qatthan, wali kota Makkah pada tahun 1370 H atau 1950 M.

Saat berkunjung ke sana, sahabat tidak akan menemukan bentuk asli rumah Rasulullah SAW tersebut. Hal ini karena telah diubah dan dialihfungsikan oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi menjadi sebuah perpustakaan yang bernama Al Maktabah Mekkah Al Mukarromah. Perpustakaan ini berisi sumber-sumber informasi penting terkait peradaban dunia Islam.

Bagaimana rute menuju lokasi tersebut?

Insyaa Allah akan mudah sahabat temukan. Rumah kelahiran nabi ini terletak berdekatan dengan tempat Sa’i atau berada di sebelah timur Masjidil Haram. Dari Masjidil Haram sahabat dapat mengambil jalan keluar lewat pintu Ajyad, lalu pergi ke arah kiri. Dengan jarak kurang lebih 650 meter, sahabat akan tiba di terminal transit bus Mina. Nah, di sana sahabat akan menemukan Maktabah Mekkah Al Mukarromah persis di seberang Mina transit station. Sahabat bisa juga melalui rute lainnya yakni keluar melalui pintu Marwah dari tempat Sa’i lalu tidak jauh dari situ sahabat akan sampai di Mina transit station.

Rute dari Masjidil Haram menuju Al Maktabah Makkah Al Mukarromah (via Google Map)

Demikian sahabat, sedikit informasi rute menuju bekas tempat kelahiran sekaligus kediaman Rasulullah SAW di Mekkah. Semoga berkunjungnya kita ke sana semakin menambah ghirah kita terhadap Islam dan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan menjejaki sejarah yang pernah ada. Semoga manfaat…

Wallahu’alam bishowab.

 

490 total views, 5 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini