Deretan Objek Wisata Menarik Di Kota Merah Melaka. Apa Saja Itu?

Deretan Objek Wisata Menarik Di Kota Merah Melaka. Apa Saja Itu?
pict by mixedricemalaysia.com

Sobat Rihaal – Hari ini Trip Umroh plus Mesir sudah sampai ke Malaysia dan sedang menjalankan city tour. Salah satu destinasinya yaitu menjelajahi Malaka. Tahukah Sobat Tentang selat terkenal bernama Selat Malaka? Selat yang terletak di antara Semenanjung Malaysia dan Sumatera itu ternyata menjadi salah satu selat terpadat di dunia. Selain itu, ada banyak destinasi juga yang bisa dikunjungi. Nah penasaran kan? Yukk kita bahas bersama..

Sejarah Singkat

Secara historis, Melaka merupakan sebuah kawasan pelabuhan kecil yang bersifat lokal. Selat Malaka merupakan pusat jalur pelayaran terpenting di dunia. Yaitu dimulai sejak akhir abad ke V pada saat berdirinya kerajaan Sriwijaya di Indoneisa. Malaka yang pada saat itu masuk dalam kedaulatan wilayah Sriwijaya, tampak kian cemerlang eksistensinya ketika Sriwijaya mulai melakukan ekspansi-ekspansi yang mengakibatkan bertambah luasya kekuasaan Sriwijaya.

Melaka Menjadi Pusat Perdagangan

Selat Malaka membentuk jalur pelayaran terusan antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik serta menghubungkan tiga negara (India, Indonesia, dan Tiongkok). Selat yang membentang sekitar 800 km dan lebar 1,7 kilometer ini dilalui sebanyak 70.000 kapal setiap tahunnya. Ada sekitar lebih dari 40 persen barang-barang perdagangan negara di dunia, dengan volume perdagangan mencapai 19.245,7 juta ton per tahun  dengan kenaikan rata-rata 4.3 persen per tahun yang diangkut melalui selat ini. Luar biasa bukan??

Deretan Wisata di Melaka

Nah setelah sebelumnya membahas tentang sejarah, kali ini kita akan bahas apa-apa saja wisata di Melaka yang bisa kita kunjungi. Melaka merupakan salah satu provinsi di Malaysia. Pada tahun 2008, Melaka dan George Town, dinobatkan oleh UNESCO sebagai Kota Warisan Dunia (World Heritage). Lalu apa saja destinasinya?

Stadthuys

 

 

 

 

Stadthuys merupakan tempat wisata yang berada di pusat kota Melaka. Bangunan ini juga memiliki fungsi sebagai museum sejarah. Disini, kita dapat belajar mengenai sejarah tentang Melaka. Tempat ini cocok untuk berlibur bersama keluarga. Dengan di dominasi warna merah membuat Stadhtuys menjelma menjadi pemandangan yang indah pada malam hari. Dilengkapi dengan ornamen lampu kota membuat bangunan ini cocok digunakan sebagai latar untuk berfoto.

Masjid Selat Melaka

 

 

 

 

 

 

Masjid Selat Melaka ini merupakan objek wisata religi yang paling digemari. Mengapa? Berlokasi di Bandar Hilir dan menghadap langsung ke Selat Melaka, masjid ini menyuguhkan arsitektur bangunan yang indah. Tidak hanya itu, terkenal dengan sebutan Masjid Terapung, masjid ini mulai diresmikan pada tahun 2006. Dengan luas 1,8 hektare dan mampu menampung sekitar 2000 jemaah. Di sisi lain, masjid ini juga memiliki menara  setinggi 30 meter. Fungsinya adalah sebagai pedoman untuk kapal yang berlayar di Selat Melaka layaknya lampu suar.

Museum Kota Melaka

 

 

 

 

 

Satu lagi tempat bersejarah yang kaya akan budaya yang terletak di Kota Melaka, Malaysia, yaitu Museum Istana Kesultanan Melaka. Bangunan ini merupakan rekonstruksi modern dari Istana Kesultanan Melaka. Dibangun pada tahun 1984 dan diresmikan pada tanggal 17 Juli 1986 oleh Perdana Menteri Mahathir Mohamad.  menjadi museum budaya.

Jonker Walk Street

 

 

 

 

 

Kurang lengkap rasanya jika berlibur ke Melaka tanpa menikmati kulinernya. Salah satu tempat wisata kuliner dan belanja yang paling popular di Melaka yaitu Jonker Walk Night Market. Tempat ini merupakan sebuah jalanan panjang dengan deretan toko-toko berbentuk ruko yang buka pada malam hari saat akhir pekan (Sabtu & Minggu). Ada banyak jajanan, pernak-pernik seperti souvenir, merchandise, dan lain-lain.

Jonker Walk Night Market ini diambil dari nama jalanan tempat area wisata itu berada. Akses menuju lokasi jonker street ini sangatlah mudah. Karena lokasinya sangat dekat dengan area wisata sejarah yang sangat terkenal di Melaka yaitu bangunan merah (Stadthuys)

Jajanan yang ditawarkan disini ada banyak macamnya. Mulai dari kuliner tradisional Melaka, Malaysia, Korea, Jepang, Cina dan lainnya. Secara umum jenis kulinernya hampir sama dengan yang ada di Indonesia, yaitu seperti kue lapis, kue putu dodol, dan sebagainya. Dan harganya pun tidak jauh berbeda dengan yang ada di negara kita.

 

135 total views, 5 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini