DAHSYATNYA SEDEKAH DI BULAN RAMADHAN

DAHSYATNYA SEDEKAH DI BULAN RAMADHAN

Sobat Rihaal – bulan Ramadhan merupakan saat yang paling tepat untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya dan juga memohon ampunan kepada Allah SWT. Dan salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah.

Dalam shahihan dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Nabi SAW adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al Qur’an kala itu. Dan Rasul SAW adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angina yang bertiup.” (HR. Bukhari no. 3554 dan Muslim no. 2307)

Nah sobat, ada lima alasan kenapa kita diperintahkan banyak sedekah di Bulan ramadhan. Apa saja keuntungannya?

Pahala yang Berlipat Ganda

Bersedekah merupakan amalan yang bisa dilakukan kapan saja. Namun berbeda jika kita melakukannya di bulan Ramadhan. Semua amal baik yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya, termasuk juga bersedekah. Tidak hanya mendapat pahala yang berlipat ganda, bersedekah juga sekaligus sebagai penyempurna ibadah yang kita lakukan.

Sedekah Memberi Keberkahan Pada Harta

Para ulama menjelaskan bahwa harta seseorang tidak akan berkurang karena bersedkah. Yang dimaksud harta tidak berkurang disini ialah mencakup dua hal, yaitu pertama hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Kedua, secara dzatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut akan impas dengan pahala yang di dapat dengan berlipat ganda.

Sedekah akan Menjadi Bukti Keimanan Seseorang

Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim no. 223). An Nawawi menjelaskan, “Yaitu bukti kebenaran imannya. Oleh karena itu sedekah dinamakan demikian karena merupakan bukti dari Shidqu Imanihi (kebenaran imannya)”

Orang yang Bersedekah akan Mendapatkan Naungan di Hari Akhir

Nabi Muhammad SAW pernah menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di hari akhir. Salah satu dari 7 jenis manusia adalah orang yang bersedekah. Hal ini seperti dijelaskan dalam Hadits Riwayat Bukhari yaitu “Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalannya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan tangan kanannya.”

Adanya Pintu Surga Bagi Orang yang Bersedekah

Dalam hadits Riwayat Bukhari dijelaskan seseorang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka akan terdapati pintu surga baginya. Golongan orang-orang tersebut adalah orang-orang yang mendirikan solat dan orang-orang yang gemar bersedekah.

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp