Cek Pilihan Paket dan Objek Wisata Apa Saja Jika Berkunjung ke Selat Bosphorus

Cek Pilihan Paket dan Objek Wisata Apa Saja Jika Berkunjung ke Selat Bosphorus

Sejarah Singkat

Bila berkunjung ke Turki tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi objek wisata yang satu ini. Bosphorus Cruise merupakan selat yang memisahkan antara Benua Eropa dan Benua Asia. Bosphorus ini juga yang memisahkan Turki bagian Eropa dengan Turki bagian Asia. Bosphorus terletak di kota Istanbul, Turki.

Selain memisahkan benua, Bosphorus juga menghubungkan antara Laut Marmana dengan Laut Hitam. Laut Marmana adalah laut yang terhubung dengan laut Aegea dan berada di sisi selatan laut Mediterania.

Bosphorus dikenal sebagai tempatnya bandar rempah-rempah. Dengan panjang selat sekitar 30 km, lebar maksimum 3.700 meter dan minimum 750 meter. Kedalaman selat dari 36 hingga 124 meter.

Pilihan Paket Bosphorus

Ada 3 paket pilihan untuk sahabat yang ingin menikmati keindahan Bosphorus Cruise, diantaranya:

  • Short Circle Cruise (1,5 jam perjalanan)
  • Full Bosphorus Cruise ( melintasi jarak lebih jauh)
  • Sunset Cruise ( dilanjutkan dengan menikmati sunset)

Objek Wisata Bosphorus

 

 

 

 

 

 

Istana Dolmabahce

Kunjungan pertama adalah mengunjungi Istana Dolmabahce. Kita dapat melihat istana ini dari atas kapal sambil mendengar suara laut, dan merasakan semilir angin. Gaya bangunan Istana Dolmabahce ini mirip dengan istana-istana di Eropa. Selain itu, bangunan istananya juga mewah, besar dan megah. Sehingga oleh pemerintah Turki dijadikan sebagai pusat administrasi utama dari Kekaisaran Ottoman.

 

 

 

 

 

Topkapi

Lokasi kedua adalah mengunjungi istana kesultanan Utsmaniyah (Ottoman) yang ditempati sekitar tahun 1465 – 1853. Berlokasi tidak jauh dari Grand Mosque, Hagia Sophia serta Grand Bazaar. Topkapi ini dihuni oleh sekitar 4000 orang. Sebagai tambahan, bangunan ini juga dikelilingi dengan pagar besi yang sebagian besar masih utuh walaupun, ada pagar yang berada diseberang jalan raya dan ditepi laut sudah roboh karena harus mengalah dengan jalan raya modern.

 

 

 

 

 

 

 

 

Maiden Tower

Berlanjut ke lokasi ketiga, terdapat objek yang menjadi ikon dari Bhosporus yaitu Maiden’s Tower. Maiden’s Tower terletak di tengah-tengah selat seperti sebuah pulau kecil.

Dikisahkan, tempat ini sengaja dibangun oleh Sultan untuk mengasingkan putrinya. Alasannya, karena sang puteri diramalkan akan tewas digigit ular berbisa. Maka, dibuatlah menara di tengah laut untuk melindungi sang puteri. Namun, sang puteri akhirnya meninggal digigit ular berbisa yang menyusup kedalam keranjang buah anggur yang dibawa oleh para pelayannya.

Pada tahun 341 SM, Maiden’s Tower digunakan untuk mausoleum. Kemudian tahun 410 M, beralih fungsi menjadi pangkalan bea cukai lalu lintas perdagangan yang melewati Selat Bosporus. Pernah juga dijadikan sebagai benteng kecil dan tempat untuk mengintai. Barulah, pada tahun 1920-an, Maiden’s Tower ini dijadikan mercusuar yang hingga kini menjadi sebuah restoran.

Baca Juga : Rencana Perjalanan Umroh + Turki Cappadocia

 

 

 

 

 

 

 

Masjid Ortokay

Sampai di sisi selat Bosphorus ada Masjid Ortokay. Bangunan masjid ini sangat megah, namun tidak semegah Blue Mosque. Bagi kalian yang menyukai photography, objek ini menjadi pilihan yang tepat. Karena berada di pinggir selat Bosphorus dan dengan latar belakang jembatan Bosphorus.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perumahan Bosphorus

Lokasi terakhir yang dikunjungi yaitu berkeliling di sekitar perumahan Bosphorus. Rumah-rumah yang ada disana adalah rumah-rumah dengan gaya bangunan kuno yang berusia ratusan tahun. Biasanya, penduduk Turki menyebut tempat ini dengan sebutan “Yale” yang berarti rumah yang berada di tepi selat Bosphorus dengan usia ratusan tahun, dan dibangun di kisaran abad ke-17 hingga ke-18.

Menurut kabar, bukan orang sembarangan yang memiliki rumah-rumah yang berada disana. Salah satunya rumah Koc, berwarna merah marun yang dibangun sekitar abad ke-19. Dan ternyata rumah itu ada rumah milik orang terkaya di Turki.

697 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini