Ternyata Begini Asal-Muasal Puasa Senin Dan Kamis

Ternyata Begini Asal-Muasal Puasa Senin Dan Kamis
photo by google

Sobat Rihaal – Seperti yang kita ketahui jika puasa senin & kamis merupakan salah satu puasa sunah yang dijalankan oleh baginda Rasulullah SAW. Puasa senin & kamis ini memiliki banyak keutamaan dan manfaa bagi tubuh kita. Lalu, tahukah sobat asal-muasal puasa pada hari senin dan kamis? Yuk kita simak fakta berikut ini.

Asal-Muasal

 

 

 

 

 

 

Suatu ketika seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah, “ Ya Rasulullah, kenapa engkau berpuasa pada hari senin dan kamis? “ seketika Rasul pun menjawab, “Ketahuilah saudaraku. Hari senin dan kamis adalah hari dimana aku dilahirkan, hari aku diutus, dan dihari itu wahyu diturunkan untukku” (HR. Muslim, Ahmad, dan Abu Daud)

“Lalu bagaimana dengan hari Kamis ya Rasul?” Apa isitimewahnya hari itu?” tanya sahabat lagi. Dengan tenang Rasulullah menjawab, “Tahukah engkau Saudaraku? Bahwa pada hari itu (kamis) semua amal ibadah umat manusia dikumpulkan dihadapan Allah oleh para malaikat. Tidakkah engaku merasa bahagia jika di saat amalmu sedang diperiksa, engkau sedang dalam keadaan beribadah kepada-Nya?”

Sebagaimana dalam suatu hadits diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda,

       صَائِمٌ وَأَنَا عَمَلِىيُعْرَضَ أَنْفَأُحِبُّوَ الْخَمِيسِا لاِثْنَيْنِ يَوْمَ الأَعْمَا لُتُعْرَض

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari senin dan kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa. “ (HR. Tirmidzi no. 747)

 

 

 

 

 

Keutamaan Lain

Keutamaan lain dari hari Senin adalah seperti yang dikatakan Ibnu abbas, “Rasulullah dilahirkan pada hari senin, pergi hijrah dari Mekkah hingga Madinah pada hari senin, datang di Madinah pada hari Senin, meninggal pada hari senin dan mengangkat Hajar Aswad pada hari senin” (HR. Imam Ahmad)

Diriwayatkan dari Umar bin Bakir dari Ibnu Luhaiah ia menambahkan, “Surat al-Maidah diturunkan pada hari senin, Al Yauma akmaltu lakum”

Diriwayatkan dari Musa bin Daud, ia menambahkan, “Perang Badar terjadi pada hari senin”

Sementara keutamaan lain hari Kamis adalah bahawa ia merupakan hari yang diberkahi. Mengapa? Ini tidak lain karena hari kamis mendapatkan keberkahan dari doa Rasulullah. Beliau telah berdoa untuk umat, seperti berikut ini: “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi mereka di hari Kamis” (HR. Ibnu Majah dan Al-Bazzar)

Dalam riwayat yang lain disebutkan, Rasulullah bersabda, “Berpagi-pagilah kalian dalam mencari ilmu. Sungguh aku telah meminta kepada Rabbku agar memberi keberkahan pada umatku di waktu pagi mereka. Dan Dia menjadikan keberkahan itu pada hari Kamis” (HR. Thabrani)

65 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini