Bulan Yang Di Dalamnya Diturunkan Al-Quran.

Bulan Yang Di Dalamnya Diturunkan Al-Quran.

Ketika kita diminta untuk mendeskripsikan sesuatu dari kata “Bulan Ramadhan”, apa sih yang akan terlintas dipikiran sahabat? Saya yakin sebagian besar dari sahabat akan menjawab “puasa”. Betul kan sahabat?. Kenapa demikian?, karena memang Ramadhan identik dengan berpuasa. Jadi, tidak ada  yang salah jika sahabat mendeskripsikan bulan Ramadhan sebagai bulan puasa. Namun benarkah, Jika bulan Ramadhan adalah bulan puasa?

Kita mengenal dan memperkenalkan bulan Ramadhan sebagai Month of Fasting (bulan puasa), namun tahukah sahabat, jika Allah  memperkenalkan Bulan Ramadhan bukan sebagai bulan puasa, melainkan sebagai Month of Holy Qur’an, yaitu bulan dimana al-Quran diturunkan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam firmanNya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam surat al-Baqarah: 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al- Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” (QS.  Al Baqarah: 185)

Dari ayat di atas jelas bahwa bulan Ramadhan adalah;

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Ayat ini menyegarkan ingatan kita kembali akan pengenalan Allah terhadap bulan Ramadhan. Bukan sebagai bulan puasa, melainkan bulan Ramadhan merupakan bulannya al-Quran. Dimana Allah menurunkan permulaan al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia semesta alam.

Oleh karenanya, sudah semestinya di bulan al-Qur’an ini umat Islam mengencangkan tekad dan niat untuk lebih bersemangat membaca serta merenungkan isi al-Qur’an Al Karim. Perenungan serta mengamalkan isi al-Qur’an inilah seharusnya mendapatkan porsi yang lebih besar dari aktifitas umat muslim di bulan suci ini. Mengingat hanya dengan inilah umat Islam dapat mengembalikan peran al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan panduan menuju jalan yang benar.

sebagaimana yang sahabat ketahui, bahwa Allah menurunkan al-Quran bukan untuk segolongan orang saja, melainkan bagi seluruh umat semesta alam. Namun, hanya sebagian golongan saja yang mendapatkan benefit/ manfaat berupa petunjuk dan pedoman hidup yang ditawarkan Allah di dalam Al-Quran… siapa kah mereka?

Mereka adalah segolongan orang yang mempunyai taqwa di dalam hati dan sanubarinya.

ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ

Artinya : “Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan pada nya dan petunjuk bagi orang yang bertakwa.”

nah… sahabat ku yang dimuliakan Allah… mengingat malam nanti sebagian masjid di kampung-kampung kita sudah mulai mengadakan acara Nuzulul Quran… dan kita juga telah sampai di pertengahan bulan Ramadhan…

Sebagai pengingat…sudah berapa kali kah kita mengkhatamkannya.. sudah berapa surat kita menghafalkannya, dan berapa ayat kita merenungkan serta mengamalkannya?

Yang belum khatam, atau belum hafal atau belum merenungkan serta mengamalkan. Yuk mulai sekarang kita sama sama memulai… karena tiada kata telat untuk memulai…

Semoga kita semua digolongkan sebagai orang-orang yang bertaqwa, yang diberikan petunjuk Allah melalui firman di dalam kitab suciNya. Amiin.

169 total views, 4 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini