Bisakah Umroh Dengan Biaya Murah? Yuk Coba Umroh Backpacker

Bisakah Umroh Dengan Biaya Murah? Yuk Coba Umroh Backpacker
pict by google

Sobat Rihaal – Untuk sobat semua yang mempunyai hobi travelling dan suka menjelajah ke berbagai tempat, mungkin jalan-jalan ke gunung, pantai atau bahkan ke luar negeri merupakan hal yang sudah biasa. Nah, untuk itu kali ini Rihaal memberikan inovasi baru, yaitu Umroh Backpacker. Apa itu umroh backpacker? Selengkapnya akan kita bahas dibawah ini:

Pengertian Umroh Backpacker

Pastinya kita sudah sering mendengar istilah backpacker yang identik dengan para pelancong muda dengan tas besar yang berkeliling dunia mengandalkan uang seadanya. Lalu bagaimana dengan umroh backpacker? Umroh backpacker adalah pergi umroh yang dilakukan secara personal ataupun kelompok, menjelajahi tempat-tempat eksotik di seluruh dunia, dengan berjalan kaki dan tentunya menggunakan budget minim.

Untuk itu, umroh backpacker ini cocok sekali untuk kalian terutama anak muda, yang hobi traveling dan ingin mencoba pengalaman baru. Selain itu, seorang traveler juga harus bersiap dengan segala situasi dan kondisi, hemat, tidak mudah mengeluh, dan selalu positif thinking.

Persiapan Yang Dibutuhkan

Lalu apa saja sih persiapan yang diperlukan jika akan umroh backpacker? Ada tiga hal yang harus kita perisapkan. Yaitu, Ruhiyah, Fikriyah, dan Jasadiyah.

Untuk Ruhiyah yang perlu dipersiapkan adalah meluruskan niat karena Allah, perbaiki amalan ibadah harian terutama yang wajib, perbanyak tilawah dan hafalkan doa-doa yang dianjurkan dalam Al qur’an dan hadist.

Sedangkan untuk Fikriyah, kita perlu memperbanyak ilmu-ilmu. Khusunya tentang umroh, ilmu perjalanan, dan tentang backpacker itu sendiri. Turut serta dalam kajian-kajian tematik tentang umroh, dan pelajari hal-hal yang diperlukan sebagai bekal dalam perjalanan.

Persiapan yang terakhir yaitu persiapan Jasadiyah. Bisa dimulai dengan latihan fisik seperti jogging di pagi hari, kemudan menjaga pola makan, pola tidur, dan juga pola pikir. Dan yang perlu dilakukan menjelang keberangkatan adalah melakukan cek kesehatan di Rumah Sakit maupun Puskesmas.

Apa Saja Persyaratan Yang Perlu Diurus

  1. Membeli Tiket Pesawat
pict by: Blog.davestpay.com

Yang selalu rajin dilakukan para traveller backpacker adalah berburu tiket promo. Cukup banyak maskapai yang menyediakan tiket murah menuju Jeddah. Kita juga bisa mencari tiket jauh dari tanggal keberangkatan. Jika  beruntung, kita bisa mendapatkan tiket langsung dari Jakarta-Jeddah, tetapi jika tidak, kita bisa mengakalinya dengan memilih pesawat yang transit di Kuala Lumpur.

 

 

 

  1. Mengurus Visa
pict by: blogspot

Bagi sobat yang sudah mempunyai paspor, langkah selanjutnya yaitu mengurus visa umroh. Akan tetapi visa umroh hanya bisa dilakukan secara kolektif oleh biro travel umroh. Oleh karena itu, rihaal bisa memfasilitasi sobat dalam mengurus visa umroh sekaligus LA (Land Arrangement).

Land Arrangement (LA) adalah fasilitas akomodasi dan transportasi selama di Mekkah dan Madinah. Akan tetapi untuk detail perjalanan tetap kita sendiri yang mengaturnya. Dengan minimal 20 orang dalam satu kelompok kita bisa mendapatkan kepengurusan LA seharga 6-7 juta/orang. Murah bukan? Dan tentunya tidak ribet dibandingkan dengan diurus sendiri.

  1. Tempat Menginap (Hotel)
pict by: booking.com

Umumnya semakin dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, harga penginapan cenderung lebih mahal. Tetapi, jika ingin mendapatkan harga murah, otomatis kita mencari hotel yang jaraknya cukup jauh. Meskipun nantinya harus berganti-ganti kendaraan, harusnya tidak menjadi masalah dan justru akan semakin seru bagi seorang traveller.

 

 

 

 

  1. Makan
pict by: hipwee

Hal terakhir yang perlu kita perhatikan adalah pengeluaran untuk makan. Sebisa mungkin kita bisa mendapatkan makanan secara gratis seperti saat sahur dan berbuka di Bulan Ramadhan. Tetapi bagaimana jika kita berumroh bukan pada bulan Ramadhan? Maka solusi nya adalah dengan memasak sendiri atau membeli makan yang cukup banyak untuk dimakan bersama-sama dengan uang iuran.

Nah bagaimana sobat? Tertarik kan untuk mencoba umroh backpacker? Semoga penjelasan diatas menjadi suatu solusi yang mempermudah jalan sobat semua yang ingin pergi umroh. Aamiin..

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp