Biro Umroh Jogja: Bagaimana Memastikan Kepercayaannya

Biro Umroh Jogja: Bagaimana Memastikan Kepercayaannya

Banyaknya Biro Umroh Di Jogja

Sebelum saya bertanya berapa banyak biro umroh di Indonesia. Saya mau bertanya, berapa banyak si biro umroh Jogja ? Saya yakin semua sepakat untuk menjawab “banyak”.

Jumlah keseluruhan biro umroh yang ada di Indonesia, berdasarkan pada data yang ada di Kementrian Agama, sudah lebih dari 700an (tujuh ratusan). Yup, Biro Umroh Indonesia yang sudah berizin dan terdaftar sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh,  jumlahnya sudah mencapai 730 (tujuh ratus tiga puluh biro umroh. Wow, Banyak bukan?

Kenapa demikian? Banyak faktor penentu kenapa biro umroh kini kian menjamur di Indonesia. Beberapa faktor di antaranya, daftar tunggu haji yang semakin panjang, minat masyarakat untuk pergi ke tanah suci yang sudah tak terelakkan, dan kesadaran masyarakat akan ajaran Islam yang kian meninggi.

Melihat hal yang demikian, masyarakat kian dibuat kebingungan. Yaaa. Kebingungan dalam memilih biro umroh mana yang terbaik di antara biro-biro yang ada. Apalagi belum lama ini, kita melihat berita yang cukup mencengangkan yang melibatkan salah satu biro umroh besar dan cukup ternama yang ada di Indonesia. Banyak yang beranggapan, jika biro umroh besar saja dapat mengecewakan jamaahnya bagaimana dengan biro umroh yang biasa-biasa saja.

Pertanyaanya, apakah ini salah? Tentu tidak, ini adalah hal yang sangat wajar.

Lantas, yang seperti apa biro umroh yang amanah? atau biro umroh mana yang terpercaya?

(Baca Juga: 8 Cara Mudah Mengenal Biro Umroh Amanah Yang Mungkin Belum Sahabat Tahu)

Ada banyak biro umroh yang tersebar di seluruh nusantara, begitu pula yang bersebaran di Yogyakarta. Tentu, masing-masing darinya memiliki ciri khasnya. Namun pada umumnya, hanya sedikit yang dapat memastikan tanggal keberangkatannya.  Kebanyakan mereka hanya menentukan bulannya, tapi bukan tanggalnya.

Nah inilah yang harus sahabat perhatikan dalam memilih biro mana yang terpercaya, selain dari kepastian izinnya. Bagaimana -langkah-langkahnya? Berikut  adalah tipsnya:

Tanyakan apakah sudah ada bookingan maskapainya

Pada tahap awal, sahabat coba tanyakan ke biro yang sahabat pilih. Apakah sudah ada bookingan maskapainya. Biro yang transparan akan berani menjawab dengan sebenar-benarnya. Meskipun mereka belum memesan tiketnya. Ada beberapa biro umroh jogja yang sudah menerapkannya. Ini berarti sahabat bisa memilihnya sebagai biro umroh jogja yang dapat dipercaya.

Tanyakan kapan tanggal keberangkatannya

Pada tahap selanjutnya, sahabat pastikan kapan tangggal keberangkatannya. Jika perlu mintalah bukti PNR (Passanger Name Record) kepada biro umrohnya. Biro umroh yang amanah pasti mau untuk memberikannya. Kenapa? Karena ini merupakan bukti bagi mereka kepada masyarakat Indonesia. PNR ini pula yang nantinya bisa dijadikan sarana edukasi dan informasi pihak biro umroh kepada jamaahnya.

Tanyakan di mana hotelnya

Lebih lanjut, setelah memastikan bookingan maskapai dan kepastian tanggal keberangkatannya. Jamaah bisa memastikan dimanakah hotelnya. Berapa jarak hotel dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Kalau perlu tanyakan sudahkah ada pelunasannya. Atau adakah MoU nya.

Tanyalah apapun yang perlu sahabat tanyakan. Karena ini terkait dengan kepuasan sahabat dan pelayanan dari biro umroh kepada jamaahnya.

Jika ditanya, apakah yang demikian tidak apa-apa? Jawabannya: Tentu saja tidaklah mengapa.

Tanyakan akomodasi selama di sana

Selanjutnya, coba tanyakan terkait akomodasi di sana. mintalah informasi sedetail-detailnya kepada biro umroh atau travel umroh yang sahabat percaya. Tanyakan dari mulai makannya, transportasinya, ziarah atau kunjungan tempat-tempat selama disana. Dan lain sebagainya.

Tanyakan apakah sudah diproses pengurusan visanya

Setelah sahabat memastikan semuanya. Pastikanlah proses pengurusan visanya. Sudah sampai tahap manakan proses pengurusan visanya?

(baca juga: Sudah daftar umroh? Sahabat bisa check kepastian keberangkatan di sini)

Tunggulah kepastian keberangkatannya

Jika semua langkah-langkah di atas sudah sahabat lalui dan laksanakan. Kini gilaran sahabat tunggu waktunya keberangkatan. Amiin

Jangan lupa siapkan segala perbekalan dan jangan lupa pula untuk persiapkan buah tangan yang nanti akan dibawa pulang ke kampung halaman.

(Baca juga: Mau Pergi Haji, Umroh atau tempat lainnya? inilah bekal terbaik saat bepergian)

(Baca juga: Pilihan oleh-oleh umroh dan haji yang perlu sahabat tahu)

2 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini