Berkunjung Ke Topkapi Palace Serasa Di Negeri Dongeng

Berkunjung Ke Topkapi Palace Serasa Di Negeri Dongeng

Sobat Rihaal – Tahukah sobat jika di Turki ada salah satu tempat yang jika kita berkunjung kesana, kita serasa berada di negeri dongeng. Kira-kira tempat apakah itu? Yup, ini dia Istana Topkapi. Terletak di Istanbul Turki, Istana Topkapi ini merupakan salah satu peninggalan terbesar kerajaan Turki Utsmani dan juga kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun (1465-1856) sebelum akhirnya pindah ke Dolmabahce Palace.

Apa Yang Menarik?

 

sumber: google

Istana Topkapi atau Topkapi Palace berada di kawasan Sultanahmet dan berada tidak jauh dari Hagia Sophia. Tiket masuk untuk memasuki kawasan ini yaitu 20 Lira. Perjalanan memasuki Istana Topkapi ini melewati taman dengan pepohonan hijau yang rindang dan bunga-bunga bermekaran. Setelah itu kita akan memasuki pintu gerbang utama sebuah tembok tinggi dan besar berlapiskan marmer, dimana di atasnya terukir kaligrafi yang indah. Karena gerbang masuknya merupakan satu tembok besar yang di kanan kirinya terdapat menara dengan atap berbentuk kerucut dan berwarna biru membuat kita serasa berada di negeri dongeng.

Menjadi Saksi Perjuangan dan Kejayaan Islam

Berkunjung ke Istana Topkapi tidak lengkap rasanya jika hanya menikmati keindahan bangunannya saja, tetapi kita juga bisa sekaligus belajar sejarah islam disini. Istana Topaki dikenal sebagai saksi bisu perjuangan dan kejayaan islam di Turki. Istana ini dibangun oleh Sultan Mehmed II atau Muhammad Al-Fatih yang berhasil menaklukan Konstantinopel. Selain itu, di dalam Istana juga terdapat beberapa peninggalan Nabi. Mulai dari tongkat Nabi Musa a.s., pedang Nabi Daud a.s., hingga jejak telapak kaki Baginda Rasulullah SAW yang dipahat di batu.

Baca juga: Reliku Suci di Tanah Turki Utsmani

Ada yang menarik jika kita masuk ke setiap ruangan yang ada di dalam Istana. Terdapat Pavilion for Breaking Fast, yaitu pavilion yang khusus dipergunakan oleh Sultan untuk berbuka puasa saat Ramadhan. Kemudian ada juga ruang yang tidak boleh kita lewatkan yaitu tempat tinggal para istri dan ibu dari Sultan. Ruangan ini di desain lebih menarik dengan motif bunga yang indah an juga kaligrafi dengan warna menarik Namun sayang, untuk memasuki ruangan ini kita dikenakan biaya lagi sebesar 15 lira.

sumber: google

143 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini