Belum Tahu? Ini Dia Aturan Transaksi Penggunaan Uang Asing

Belum Tahu? Ini Dia Aturan Transaksi Penggunaan Uang Asing

Sahabat, pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar tentang kurs dolar. Yang setiap hari, nilai tukar nya dapat berubah naik atau turun. Bahkan mungkin sebagian dari kita ada yang sering  menggunakannya dalam setiap kesempatan. Akan tetapi mungkin ada sebagian dari kita juga yang masih belum begitu paham tentang bagaimana kurs dolar itu? Apa yang dimaksud dengan kurs jual/kurs beli? dan bagaimana cara menghitungnya? Simak uraian singkat berikut.

Apa itu Kurs Dolar?

Istilah kurs nilai tukar mata uang asing berasal dari bahasa asing. Menurut Paul R. Krugman dan Maurice, kurs adalah harga mata uang dari suatu negara yang diukur atau dinyatakan dalam mata uang lainnya. Sementara menurut Salvator, kurs adalah harga suatu mata uang terhadap mata uang lainnya.

Oleh karena itu, bagi kita Kurs Dolar merupakan suatu nilai tukar mata uang Indonesia dengan mata uang asing (dolar). Biasanya digunakan oleh pemerintah maupun swasta untuk mendukung berbagai aktivitas ekonomi. Di antaranya sumber pendanaan. Khususnya dari pinjaman, perdagangan lintas negara dan tingkat pariwisata.

Apa yang dimaksud kurs jual/kurs beli?

Agar lebih mudah dipahami, sahabat bisa mnegartikannya sebagai berikut:

  1. Kurs jual (rupiah ke mata uang asing) merupakan kurs yang dipakai apabila bank/money changer ingin menjual uang asing (valuta asing/valas) kepada kita. Atau ketika sobat ingin menukarkan rupiah dengan mata uang asing.
  2. Kurs beli (mata uang asing ke rupiah) merupakan kurs yang dipakai apabila bank/money changer ingin membeli uang asing dari kita atau jika kita ingin menukarkan uang asing dengan rupiah.

Ilustrasi Perhitungan

Suatu hari Pak Eko akan berencana untuk berangkat umroh bulan Oktober 2018 menggunakan Rihaal. Biaya Umroh pada bulan Oktober 2018 tersebut ialah Rate $1690. Karena Rihaal menggunakan nilai tukar dolar Amerika (US), maka Pak Eko perlu membayarkan rupiah seharga dolar (US) pada saat itu.

Pada saat menukarkan uangnya, kurs jual dolar saat itu: 1 Dolar = 14.700 IDR (misalnya). Oleh karena itu, acuan perhitungannya ialah menjadi Rp24.843.000 ($1690 x Rp14700) .

Sebagai catatan, karena nilai kurs di setiap bank berbeda-beda, maka Rihaal menggunakan kurs dolar yang disesuaikan dengan Bank Negara Indonesia (BNI). Sebab, nilai kurs ibarat harga dari suatu barang di toko, yang pasti bisa berbeda-beda. Mengapa? Karena itu berpengaruh terhadap keuntungan yang akan didapatkan nantinya.

Kemudian naik turunnya kurs dolar, salah satunya disebabkan oleh suku bunga antara dua negara. Adanya suku bunga yang lebih tinggi akan mengakibatkan tingginya permintaan mata uang negara tersebut. Simak uraian lengkapnya pada artikel berikutnya.

Aturan Transaksi Menggunakan Uang Asing di Indonesia

Sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 17/3/PBI/2015 khususnya Bab II Pasal 2  tentang Kewajiban Penggunaan Rupiah mengatakan, jika secara umum transaksi di wilayah Indonesia wajib menggunakan rupiah. Pihak yang melakukan perdagangan barang ataupun jasa di dalam negeri tidak boleh menolak transaksi dengan mata uang rupiah.

Namun ada beberapa pengecualian yang masih diperbolehkan menggunakan mata uang asing, salah satunya ialah transaksi online lintas negara. Oleh karena itulah mengapa Rihaal menggunakan dolar untuk setiap trip nya. Karena untuk semua transaksi pembelian tiket, kamar hotel dan lain sebagainya juga menggunakan dolar.

Dengan Memahami, Kekeliruan Bisa Dihindari

Sobat, hal-hal yang menyangkut kurs memang benar-benar perlu dipahami. Terutama bagi sobat yang sering bepergian ke luar negeri ataupun melakukan transaksi dengan mata uang asing. Agar tidak terjadi kekeliruan dalam setiap transaksi yang dilakukan. Dengan memahami penjelasan diatas, diharapkan sobat bisa memahami tentang kurs dolar itu.

 

Sumber : www.cermati.com dan

14 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini