Begini Indahnya Destinasi Wisata di Doha. Mau Tahu?

Begini Indahnya Destinasi Wisata di Doha. Mau Tahu?
sumber: petapixel.com

Sobat Rihaal –Siapa diantara sobat yang tahu tentang Burj Khalifa? Salah satu gedung pencakar langit tertinggi yang ada di dunia yang bangunannya tampak mewah dan begitu fenomenal. Lalu dimana letak Burj Khalifa itu?

Adalah di Qatar. Sebuah negara Emirat di bagian Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab. Satu-satunya batas darat mereka adalah Arab Saudi di selatan dan sisanya berbatasan dengan Teluk Persia. Qatar juga menjadi salah satu negara kaya di dunia yang mayoritas penduduknya adalah muslim.

Ibu kota Qatar adalah Doha. Kota ini terletak di pantai Teluk Perisa di bagian timur negara. Ini adalah kota dengan pertumbuhan tercepat di Qatar, dan juga menjadi pusat ekonomi negara.

Tak hanya mempunyai pemandangan kota yang menawan, Qatar juga menawarkan beraneka macam tempat wisata selain Burj Khalifa yang menarik untuk dikunjungi. Apa saja tempat wisata di Qatar? Simak ulasan berikut ini.

Corniche

sumber:: google

Jika sobat ingin berlibur sambil menikmati pemandangan gedung-gedung tinggi dan hamparan laut, Corniche lah pilihan destinasi yang tepat. Corniche sendiri sebenarnya merupakan boulevard berbentuk melengkung. Di sini sobat dapat berjalan-jalan santai di sepanjang bibir pantai. Hamparan rumput dan pohon-pohon asri di sekitar pantai juga menambah daya tarik dari Corniche ini.

Di Corniche ini sobat juga disediakan fasilitas paddock bagi wisatawan yang ingin melihat kerumunan ikan-ikan yang berada di tengah pantai.

Museum of Islamic Art

sumber: google

Tidak jauh dari Corniche, terdapat bangunan Museum of Islamic Art yang di dalamnya menyimpan benda-benda kuno dari berbagai negara yang memiliki peranan penting dalam sejarah agama Islam. Koleksinya mencakup tiga benua dan lebih dari satu millennium, koleksi tertua  di museum ini dimulai dari abad ke-7.

Museum yang terletak di pinggir pantai Doha Corniche ini memiliki arsitektur yang indah dan megah, letaknya  yang menjorok ke laut memberi keindahan dan daya tarik tersendiri. Sebelum kita masuk ke dalam museum, kita diharuskan untuk men-scan barang bawaan kita seperti saat di bandara. Kemudian kita akan diberi tiket pengunjung dan brosur yang isinya tentang museum tersebut.

Katara

sumber: instagram

Katara merupakan desa budaya yang sudah ada sejak tahun 2010. Desa ini dibangun untuk menghadirkan budaya Qatari lebih modern lagi dengan arsitektur konvensional yang mengandung banyak aktivitas. Di dalam Katara sobat bisa melihat opera house, perpustakaan, pusat sejarah, museum, dan bisnis.

Bangunan yang paling menarik di desa budaya Katara ini adalah Masjid Katara. Meskipun bangunan masjid ini tidak terlalu besar, akan tetapi masjid ini memiliki keunikan yaitu ubin yang bermotif khas Teluk Persia dan Iran. Ubin yang menghiasi Katara Mosque di dominasi oleh ubin Shi’it yang popular di kawasan Timur Tengah. Arsitektur masjid di dominasi dengan warna tekel cerah biru dan ungu.

Masjid Imam Muhammad bin Abdul Wahab

sumber: google

Masjid Imam Muhammad bin Abdul Wahab adalah Masjid Nasional sekaligus masjid terbesar di negara Qatar. Masjid ini dibuka pada tanggal 21 Muharram 1433 H yang bertepatan dengan 16 Desember 2011. Masjid ini menjadi tempat wisata favorit di Qatar. Masjid ini merupakan mahakarya di Qatar. Struktur dari masjid ini menakjubkan dengan perpaduan budaya Arab, pemandangan dari west bay towers dan lampu-lampu gantung besar yang ada di sekitar Masjid.

Tower of Doha

sumber: google

Menara Doha atau yang dikenal sebagai Burj Doha adalah menara bertingkat ikonik yang terletak di West Bay, Doha, Qatar. Sebelumnya Menara Doha ini merupakan Gedung Kantor Burj Qatar dan Doha High Rise. Dirancang oleh arsitektur dari Perancis Jean Nouvel, gedung ini mengekpresikan budaya lokal, modern dan desain Islam kuno (Mashrabiya). Gedung ini memiliki tinggi 232 meter (761 kaki) dengan 46 lantai di atas tanah, 3 lantai di bawah tanah dengan total area 110.000 m2.

Qatar Education City

sumber: google

Di Qatar terdapat sebuah pusat pendidikan yang di dalamnya terdapat berbagai universitas kelas dunia, yaitu Qatar Education City. Sebuah area multiinstitusional kampus seluas 24.000 hektar yang terdiri atas cabang-cabang Universitas Amerika. Salah satu tempat yang menarik di lokasi ini adalah Education City Mosque. Sebuah masjid yang terletak di tengah-tengah Education City yang memiliki luas areanya 35 m2. Yang unik dari masjid ini yaitu terdapat 2 tower setinggi 90 meter yang menghadap kea rah Ka’bah.

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp