Begini Caranya Agar Hubungan Kakak Dan Adik Selalu Akur

Begini Caranya Agar Hubungan Kakak Dan Adik Selalu Akur

Sobat Rihaal – Alangkah senangnya kita jika masih diberi kesempatan untuk selalu berkumpul dengan keluarga. Bercanda bersama, dan saling mengingatkan. Terlebih untuk orang tua, akan sangat senang ketika memiliki anak yang cantik/ganteng, sehat, pintar dan berbakti. Sebagai orangtua kita pun akan senang jika melihat anak-anak kita saling akrab satu sama lain. Kakak selalu menyayangi sang adik dan adik bisa menghormati kakaknya.

Hubungan kakak dan adik dalam Islam telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW. Yaitu, “Tidaklah termasuk golonganku orang yang tidak menghormati yang lebih tua dan tidak menyayangi yang muda “ (HR. Imam Ahmad dan ath-Thabrani)

Poin penting yang bisa kita ambil dari peringatan Nabi SAW diatas adalah:

  1. Hak seorang kakak adalah mendapatkan penghormatan adiknya dan kewajiban kakak terhadap adiknya adalah mencurahkan kasih sayang
  2. Saling membantu dalam kesusahan dan saling mengingatkan tentang kebaikan
  3. Memberikan support karena berasal dari ayah dan ibu yang sama

Ketika poin-poin diatas bisa dilakukan, insha Allah akan terbentuk keluarga harmonis yang hangat, akrab, saling memahami dan mendukung satu sama lain. Sayangnya, perjalanan orangtua dalam mendidik anak-anaknya tidak selalu dilimpahi kemudahan. Kadangkala antara kakak dan adikpun dapat terjadi pertengkaran.

Ada beberapa hal yang sebetulnya perlu diketahui oleh orangtua, yaitu: tidak ada hubungan kakak dan adik yang berjalan mulus, dan setiap anggota keluarga pasti pernah mengalami konflik. Yang perlu diperhatikan adalah sikap mereka setelah berkonflik. Apakah mereka mampu introspeksi diri, berani mengakui kesalahan, dan berani meminta maaf dan memaafkan.

Dampak Positif Hubungan Baik antara Kakak dan Adik

Di sinilah peran orangtua berlaku. Memanfaatkan konflik untuk membangun karakter anak-anak dan membina hubungan harmonis diantara mereka. Hubungan kakak adik yang kurang baik akan terbawa hingga mereka dewasa. Sebaliknya, hubungan kakak adik yang akur akan membawa dampak baik di masa depan. Sebuah riset menunjukkan, hubungan kakak adik yang baik memiliki dampak positif. Diantaranya;

  • Terhindar dari depresi di usia dewasa dan mampu menjalani hidup dengan lebih bahagia.
  • Hubungan yang bersahabat juga akan membuat mereka lebih kuat menghadapi kejadian traumatis atau sakit.
  • Kakak dan adik akan saling memberi dukungan secara emosional, sosial maupun psikologi walaupun mungkin nanti mereka tinggal berjauhan.

Lalu bagaimana caranya membangun hubungan yang baik diantara mereka?

  1. Mulai sedini mungkin untuk membentuk rasa saling menghargai antara saudara kandung. Jangan biarkan mereka saling mengejek atau membahayakan saudaranya.
  2. Sediakan waktu eksklusif. Selain meluangkan waktu untuk bermain bersama, buatlah waktu eksklusif bersama kita (orangtua) secara bergantian. Cara ini bisa untuk mencegah persaingan di antara mereka.
  3. Mengajari win-win soltution. Ketika mereka berselisih paham, ajari bagaimana bernegosiasi dan berkompromi untuk mendapatkan win-win solution. Mungkin bisa diawali dengan menetapkan beberapa peraturan di rumah.
  4. Mendorong mereka untuk melakukan ‘proyek bersama’ untuk membangun kekompakan.

Mengutip dari ungkapan seorang tokoh terkemuka di bidang filsafat. Al Ghazali melalui Ihya Ulumuddin mengungkapkan,

“Hati anak-anak masih suci bagaikan tambang asli yang bersih dari segala corak dan warna. Ia siap dibentuk dan dijadikan apa saja tergantung keinginan pembentuknya. Jika dibiasakan melakukan kebaikan, ia akan menjadi baik. Orangtua, guru dan pendidiknya pun akan menuai kebahagiaan dunia akhirat. Sebaliknya, jika dibiasakan dengan keburukan dan diabaikan pembinaannya layaknya binatang ternak, maka buruk dan rugilah ia orang tua, guru, dan pendidik akan turut menanggung dosanya. “

Sobat Rihaal, membangun hubungan baik anatara kakak dan adik memang tidak mudah. Butuh kesabaran dan konsistensi dalam menjalankannya. Akan tetapi jangan khawatir, karena Allah SWT yang memberikan perintah pada kita, pasti Ia akan bertanggung jawab dalam meberikan pertolongannya.

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp