Bagaimana Hukum Berpuasa Di Bulan Rajab? Berikut Penjelasannya

Bagaimana Hukum Berpuasa Di Bulan Rajab? Berikut Penjelasannya

Sobat Rihaal – memasuki bulan Rajab yang jatuh pada hari Senin kemarin, merupakan salah satu diantara bulan-bulan haram (bulan suci yang dihormati) dalam Islam. Dengan memasuki bulan Rajab, merupakan sebuah tanda kedatangan bulan Ramadhan semakin dekat. Artinya ini merupakan permulaan bagi kita seorang muslim untuk segera mempersiapkan diri dalam rangka menyambut bulan Ramadhan.

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang diagungkan di dalam Islam. Allah SWT berfirman “ Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At-Taubah : 36)

Empat bulan haram yang dimaksud tersebut adalah  bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Mengapa disebut bulan haram? Yang pertama karena pada bulan-bulan itu diharamkan berperang, kecuali musuh menyerang terdahulu. Dan kedua sebagai bentuk penghormatan. Karena melakukan perbuatan haram pada bulan-bulan  tersebut lebih berat dosanya dibandingkan pada bulan-bulan yang lain.

Bagaimana Hukum Berpuasa di Bulan Rajab

pict: Instagram Ustadz Abdul Somad

Mengutip ceramah ustadz Abdul Somad dalam sebuah kesempatan beliau mengatakan tidak ada ketentuan khusus disebutkan dalam Al Qur’an atau hadis Nabi Muhammad tentang amalan di bulan Rajab ini. “Hadis Rasulullah tentang keutamaan bulan Rajab sahih, tetapi tidak ada disebutkan tentang amalan khusunya. Cuma disebutkan secara umum yaitu berpuasalah di bulan-bulan haram. Haram disini berarti mulia, berasal dari kata Bahasa Arab, yaitu hurum, berarti kehormatan, mulia. Jadi bulan-bulan haram itu artinya bulan-bulan mulia,” ungkapnya

Imam Qurtubi dalam sebuah tafsirnya tentang surat At-Taubah ayat 36 menjelaskan bahwa siapa pun yang berbuat maksiat atau menzalimi dirinya di empat bulan mulia ini akan mendapatkan dosa yang berlipat ganda. Demikian pula jika berbuat baik, maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda pula. Oleh karena itu, selain berpuasa kita juga menghiasi bulan Rajab ini dengan amalan-amalan baik lainnya, seperti berdzikir, membaca Al Qur’an, bersedekah, dan sebagainya.

598 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini