Bagaimana Mengajari Anak Dengan Cara Nabi?

Bagaimana Mengajari Anak Dengan Cara Nabi?

Mengajari Anak Zaman Now

Sobat Rihaal – Mendidik anak zaman now ini susah-susah gampang. Zaman yang sudah kekinian ini membentuk perilaku anak yang berbeda dengan zaman dulu. Gaya belajarnya, gaya bicaranya, cara bekerjanya pasti berbeda. Jadi, menjadi orang tua zaman now juga pasti bertambah tantangannya. Tapi sebagai seorang muslim, kita pernah memiliki sejarah gemilang bagaimana menghasilkan anak muda yang BERKARAKTER.

Usia boleh muda tapi sudah produktif dalam amal shalih dan tentu berprestasi. Uniknya lagi, mereka ini juga memiliki kefahaman akan agama yang memadai. Diantaranya ditandai dengan hafal Al Qur’an juga hafal hadist dan ilmu lainnya. Di zaman sahabat, ada Ali bin Abi Thalib, Mushab bin Umair, Usamah bin Zait dan lain-lain. Mereka kokoh dalam keimanan dan produktif dalam amal. Dan generasi tua tak segan untuk memberikan amanah yang berat kepada mereka.

Dalam penaklukan Konstatinopel, kita mengenal Muhammad al Fatih. Diangkat menjadi Sultan Ustmani ketika masih berusia belasan tahun. Dan saat penaklukan usianya masih 24 tahun. Kenapa bisa? Karena memang disiapkan, dibentuk sejak kecil oleh orang tuanya. Pertanyaannya dengan cara apa, generasi emas ini dibentuk? Ya, tentu dengan cara Nabi SAW. Beliau terbukti menghasilkan generasi para sahabat dan setelahnya yang bisa menjadi pemimpin umat lebih dari separuh bumi.

Makah dan Madinah adalah dua kota yang termasuk Tanah Suci yang diberkahi. Di gurun pasir inilah generasi emas itu ditempa dan dibentuk oleh Rasulullah SAW. Nah, kalau kita bisa menunaikan ibadah umroh sambil belajar tentang pendidikan anak di Tanah Suci sungguh sangat membahagiakan.

Dari Madinah kita bisa belajar bagaimana Rasulullah SAW membangun peradaban dan menyiapkan generasi emas yang siap mengemban amanah risalah-Nya. Dari Makah kita bisa belajar dari Nabi Ibrahim dan keklluarganya, bagaimana menyiapkan pondasi iman yang kokoh. Sehingga melahirkan generasi yang berkarakter yang hanya tunduk kepada-Nya seperti Ismail.

Kajian Ustadz Farid Berkaitan Dengan Pendidikan Anak :

– Mendidik Anak Dengan Nasehat

– Mendidik Anak Dengan Do’a

– Manusia Di Dalam Kandungan

– Keteladanan Dalam keluarga

– Tanggaung Jawab Ayah dalam Pendidikan Tauhid Anak

– Menuju Generasi Gemilang Melalui Sirah Rasulullah SAW

Sekilas Tentang Ustadz H. Farid Dhofir, Lc. MSi.

profil Ust. Farid Dhofir

Alumni Pondok Pesantren Maskumambang Gresik, LIPIA Jakarta & Universitas Muhamadiyah Malang

Pendiri & Pengasuh Pondok Pesantren Refah Islami Gresik, Jawa Timur

Nara sumber Pengajian Rutin di Masjid Namira Lamongan

Nara sumber kajian Riyadus Shalihin di bebrapa kantor di Surabaya & Gresik

633 total views, 5 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini