Apa Yang Membuat Kebab Begitu Istimewa? Temukan Faktanya Disini

Apa Yang Membuat Kebab Begitu Istimewa? Temukan Faktanya Disini
sumber: google

Sobat Rihaal – Berbicara tentang destinasi yang ada di Turki memang tidak ada habisnya. Begitu juga dengan wisata kulinernya. Bagi kebanyakan orang berpendapat bahwa makanan Turki yang paling terkenal adalah Kebab. Tetapi tahukah sobat, jika Kebab memang sebenarnya adalah makanan asal Timur Tengah termasuk Turki yang kemudian diadopsi oleh negara-negara Asia Tengah dan Asia Barat

Asal Mula Kebab

Kata Kebab berasal dari bahasa Persia atau Arab yang berarti daging yang digoreng dan bukanlah daging yang dipanggang. Kebab secara umum tidak hanya terbuat dari daging saja, tetapi juga dari ikan, atau sayuran yang dipanggang. Oleh karena itu, banyak sekali macam dan cara penyajiannya.

Akan tetapi, seperti yang dilansir oleh situs Wikipedia, di beberapa negara Islam, seperti Turki dan Arab memberikan penekanan pada kebab adalah sebuah “daging yang dipanggang”. Di Timur Tengah sendiri, termasuk Turki, para penjual kebab menggunakan tusukan untuk memanggang daging sapi maupun domba. Ditambah dengan tomat dan cabai hijau, kebab mirip sekali dengan kuliner sate di Indonesia.

Kebab Turki

Kebab yang paling popular di Turki adalah Doner Kebab, Iskender Kebab, dan sis (shish) kebab. Doner kebab adalah jenis kebab yang paling popular dan disajikan dalam roti pita atau tortilla. Jenis kebab inilah yang di Indonesia disebut sebagai “Kebab Turki”. Doner kebab juga biasa disajikan dalam bentuk burger seperti doner kebab –nya orang Jerman.

Para imigran yang masuk ke Jerman membawa masuk kebab gulung dari negara asalnya, Turki. Dinamakan Doner Kebab. Sajian kebab tersebut pertama kali diracik dan dijual langsung oleh seorang pria bernama Kadir Nurman di Jerman Timur.

sumber: google

Proses masak dagingnya pun terbilang berbeda. Jika yang lain menggunakan tusuk sate, Doner Kebab memastikan dagingnya terasa lezat dengan proses rotating, diputar dengan suhu hangat.

Alhasil, kebab khas Nurman tidak hanya disukai oleh oleh warga Jerman tetapi juga sampai ke Britania Raya. Sampai pada akhirnya, makanan mengenyangkan perut ini melanglang buana ke benua Amerika hingga negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Nah, bagi sobat yang mau berkuliner kebab sekalian liburan, Yukk rencanakan liburanmu dari sekarang bersama dengan Rihaal 🙂

37 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini