Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan Jika Ikut Rafting Bersama Rihaal

Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan Jika Ikut Rafting Bersama Rihaal

Bagi umat muslim, ibadah adalah hal yang wajib kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari. Namun terkadang, ada rasa kemalasan untuk melakukan ibadah tersebut, terutama solat 5 waktu. Mungkin disebabkan karena kondisi badan yang kurang fit, atau karena suasana hati yang sedang buruk (bad mood).

Nah, untuk membangkitkan semangat kita dalam beribadah, salah satu cara yang menarik adalah dengan arung jeram. Acara ini juga bermanfaat untuk mengeratkan tali silaturahmi antar sesama alumni jamaah rihaal

Kali ini, tim rihaal akan mengadakan sebuah kegiatan arung jeram dengan tema “gathering sahabat rihaal” yang insya Allah akan dilaksanakan pada 18 Februari 2018

Apa itu Arung Jeram?

Arung jeram atau bahasa kerennya ‘rafting’ adalah aktivitas yang memadukan unsur petualangan adventure, edukasi, olahraga, dan rekreasi dengan mengarungi alur sungai yang ber ‘jeram’ menggunakan media boat karet, dayung, kayak, dan kano.

Kegiatan arung jeram kali ini mirip-mirip dengan kegiatan arung jeram sebelumnya. Tahun sebelumnya, kegiatan arung jeram dilaksanakan pada tanggal 01 Oktober 2017 bertempat di Sungai Elo, Magelang.

Arung Jeram Sungai Elo

Sungai Elo merupakan anak sungai progo yang ukurannya tidak terlalu lebar, memiliki debit air yang cukup stabil sepanjang tahun. Sepanjang jalur sungai pada trip, di dominasi air yang tenang. Beberapa jeram cukup mampu menggoncangkan perahu, dan keindahan panorama sepanjang sungai mempunyai daya tarik yang lebih dibandingkan dengan arung jeram yang lain.

Kondisi air sungai Elo pada musim kemarau yang nampak jernih dan berarus tenang ideal untuk melakukan berbagai permainan air seperti flip-flop, spinning, atau sekedar berenang.

Rute Perjalanan

Arung jeram Sungai Elo adalah paket kegiatan wisata menyusuri sungai Elo grade II kategori pemula sepanjang 11 km menggunakan perahu arung jeram, dengan didampingi pemandu professional pada setiap perahunya. Start dari jembatan Blondo, dan finish di jembatan Mungkid, kabupaten Magelang, dengan lama perjalanan 2,5 jam.

Itenerary Program – Arung Jeram Sungai Elo

  • Persiapan Kegiatan
  1. Tiba di basecamp progo
  2. Registrasi ulang – mengisi form daftar peserta
  3. Ganti pakaian – menitipkan barang kepada petugas
  • Persiapan Pengarungan Arung Jeram Sungai Elo
  1. Pemakaian peralatan arung jeram
  2. Pembagian kelompok @5 orang / perahu
  3. Briefing teknis arung jeram
  4. Sesi foto bersama atau per kelompok
  5. Perjalanan menuju start point Arung Jeram Sungai Elo
  • Pengarungan Arung Jeram Sungai Elo
  1. Start arung jeram tahap I dari jembatan Blondo
  2. Istirahat – minum air mineral
  3. Start arung jeram tahap II
  4. Finish arung jeram di jembatan Mungkid
  • Finish Kegiatan Arung Jeram Sungai Elo
  1. Menyerahkan helm, dayung, pelampung kepada petugas.
  2. Menikmati kelapa muda & snack
  3. Perjalanan kembali ke lokasi masing-masing

Manfaat Arung Jeram Bagi Kesehatan

  1. Melatih Kekuatan Otot Tubuh

Seperti yang kita lihat jika arung jeram melatih otot tangan dan keseimbangan tubuh kita. Karena pada saat perahu bergerak, kita diharuskan untuk bisa menyeimbangkan diri, dan ketika air tidak banyak menggerakkan perahu, maka harus digerakkan dengan tenaga dayung dari semua peserta.

 

 

  1. Menghilangkan Stres

Tekanan pekerjaan ditambah dengan masalah kehidupan adalah potensi penyebab stress yang paling tinggi. Rasa stress dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Untuk menghilangkan rasa stres tersebut, maka olahraga arung jeram ini adalah olahraga yang cocok. Aktivitas dibawah sinar matahari akan mendatangkan kebahagiaan. Bersenang-senang dengan alam seperti melakukan arung jeram, akan membuat perasaan dan mental menjadi lebih baik.

  1. Melawan Rasa Takut

Mungkin sebagian orang ada yang takut atau phobia dengan air. Arung jeram menjadi salah satu media latihan yang sangat baik untuk mengendalikan rasa takut tersebut. Dan tidak perlu khawatir, karena nanti akan tetap didampingi oleh instruktur yang mengajarkan teknik untuk melawan rasa takut.

  1. Mempererat Persahabatan

Dengan mengikuti kegiatan arung jeram, kita dilatih untuk bekerjasama dan kompak. Kedepannya, diharapkan seseorang akan memiliki tingkah laku yang lebih baik dan jiwa sosial yang tinggi.

So, bagaiaman sahabat?

Apakah tertarik dengan kegiatan gathering ini?

Contact langsung : 081808030066

65 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini