8 Tempat Terbaik Di Kairo. Apa Saja Itu?

8 Tempat Terbaik Di Kairo. Apa Saja Itu?
photo by google

Sobat Rihaal – masih membahas mengenai Mesir. Nah di Trip Rihaal pada tanggal 02 Maret kali ini, ada banyak destinasi wisata yang akan dikunjungi. Salah satunya yaitu di Kota Kairo. Seperti yang kita ketahui jika Kairo merupakan ibukota Mesir dan sekaligus sebagai kota terbesar di Mesir. Di Kairo nanti, kita kan mengunjungi “ The Great Sphinx, Phyramid, Pabrik Papyrus dan Essence, Museum Egypt, Citadel Sholahuddin, Masjid Ali Pasha, Makam Imam Syafi’I, Masjid Amru bin Ash, Masjid al Husein, Masjid dan Universitas Al Azhar, dan Khan el Khalili.

Phyramida

Merupakan salah satu keajaiban dunia ini merupakan bangunan raksasa dari batu yang digunakan sebagai makam raja-raja beserta keluarga mereka.  Pembangunan piramida didasari oleh penghargaan tinggi bangsa Mesir Kuno terhadap raja-raja mereka.

 

 

 

The Great Sphinx

Pasti sebagian dari kita sudah mengetahui bagaimana sphinx itu. Sphinx merupakan bangunan raksasa dengan badan singa tetapi berkepala manusia. Bangunan sphinx ini terbuat dari batu. Sphinx dibuat tepat di depan phyramida sebagai penjaga. Menurut kabar juga, sphinx ini terkenal dengan mitosnya yang akan memberi kutukan bagi orang yang tidak bisa menjawab teka-teki dari sphinx.

 

 

 

Bisa baca juga : Menakjubkan! Inilah Sejarah Peradaban Mesir Kuno

Pabrik Papyrus dan Essence

Sejatinya pabrik papyrus ini merupakan museum kertas. Nama papyrus ini sudah ada sejak 5000 tahun lalu. Papyrus merupakan sejenis tanaman air (mirip daun lontar). Bangsa Mesir Kuno memanfaatkan papyrus sebagai alat tulis. Di museum ini nanti kita akan mengetahui proses pembuatan kertas pada zaman mesir kuno dan juga karya-karya seni yang terbuat dari papyrus.

 

 

Museum Egypt

Museum Mesir merupakan rumah bagi koleksi barang antic bangsa Mesir kuno dan memiliki 120.000 koleksi. Pemerintah Mesir mendirikan museum pada tahun 1835 di dekat Taman Ezbekeyah. Ada dua lantai utama museum, yaitu lantai dasar dan lantai pertama. Di lantai dasar ada koleksi papyrus dan koin yang digunakan dalam dunia kuno. Di lantai pertama ada artefak dari dua dinasti terakhir Mesir termasuk barang dari makam para Firaun

Citadel Sholahuddin

Citadel merupakan benteng yang menjadi landmark Kota Kairo yang berada tidak jauh dari Universitas Al-Azhar.  Citadel juga menjadi tempat tertinggi yang ada di Kairo selain Al Azhar Park dan Muqattam. Berada di kawasan Kota lama Kairo di jalan Autostrad membuat Citadel terlihat sangat kokoh. Di Citadel juga bisa melihat pemandangan kota Kairo sekaligus Phyramid.

 

Masjid Ali Pasha (Masjid Alabaster)

Masjid ini berada di atas Benteng Shalahuddin (Citadel). Dikenal dengan sebutan Masjid Alabaster karena dinding masjid ini dilapisi alabaster, salah satu jenis batu marmer. Sementara itu, nama Muhammad Ali Pasha sendiri mengacu kepada nama pemimpin Mesir modern, Raja Muhammad Ali Pasha yang memerintahkan pembangunan masjid ini pada abad ke-19.

 

Makam Imam Syafi’i

Pasti sudah tidak asing apabila kita mendengar nama Imam Syafi’i. Beliau lah yang menciptakan Mazhab Syafi’i yang hingga kini digunakan sebagai pegangan mayoritas umat Islam Sunni. Di Makam Imam Syafi’i ini telah mengalami berkali-berkali pemugaran. Pada tahun 609 Hijriah (1212 Masehi) makam ini dilengkapi sebuah masjid yang dinamakan Masjid Imam Syafi’i. Kita bisa melihat pemandangan sungai Nil jika berada di kompleks pemakaman Imam Syafi’I ini.

 

Universitas Al Azhar

Univeristas Al Azhar adalah salah satu pusat utama pendidikan sastra Arab dan pengkajian Islam Sunni di dunia dan merupakan universitas pemberi gelar tertua kedua di dunia. Universitas ini berhubungan dengan Masjid Al-Azhar di wilayah Kairo Kuno. Misi Universitas anatara lain adalah penyebaran agama dan budaya Islam

Sebetulnya masih banyak lagi tempat wisata yang menjadi destinasi dari Rihaal. Mungkin nanti dilain kesempatan akan kita bahas kembali untuk destinasi yang lain.

 

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua aamiin ^^

32 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini