8 CARA MUDAH MENGENAL BIRO UMROH AMANAH, YANG MUNGKIN BELUM SAHABAT TAHU

8 CARA MUDAH MENGENAL BIRO UMROH AMANAH, YANG MUNGKIN BELUM SAHABAT TAHU

Umroh Murah Tak Selamanya Amanah

Umroh Promo dan Umroh Murah, menjadi Keyword yang paling banyak dicari pada mesin pencarian Google. Dua kata ini menjadi jurus jitu yang sering digunakan oleh biro umroh untuk meraup traffic pada setiap iklannya. Apalagi bagi kalangan anak muda, dua kata ini menjadi sangat menarik dilihatnya. Seolah mata dibubuhi banyak magnet hingga berat untuk meninggalkan dan tidak mengkliknya. Promo promo macam beginilah yang sering kali membuat kita terjebak oleh harapan harapan mereka, seolah biro umroh umroh murah adalah biro umroh amanah. Ini layaknya kata “Diskon” pada etalase toko yang membuat para kaum hawa enggan untuk menolaknya.

Namun apakah salah jika toko sebuah produk atau biro umroh membubuhkan kata murah dan promo pada iklan yang dibuatnya?

Tentu, tidak ada yang salah jika kata itu dibubuhkan pada iklan –iklan mereka untuk menarik perhatian massa. Yang salah, jika semua itu hanya janji dan dusta.

Mahal dan Murah memang dua kata yang sangat relatif, tergantung dari siapa yang melihatnya. Akan tetapi, ada hal yang perlu kita ingat, harga promo dan murah tidak selamanya berbuah manis. Sebut saja maskapai yang sering dijual dengan harga murah, namun yang kita dapat bukanlah fasilitas penerbangan mewah malah justru jauh dari kata “Wah”.

Demikian pula dengan Umroh murah, banyak yang tergiur dengan tawarannya. Tidak heran memang, karena antrian haji yang panjang, membuat para calon jemaah haji ini haus akan kerinduan terhadap Baitullah. Sehingga Promo Umroh nan Murah bagaikan mata air bagi mereka.

Lantas bagaimana kita mengenali biro umroh amanah ? syukur-syukur dapat umroh murah yang aman, nyaman dan amanah.

Nah, ada banyak indikator untuk dapat mengenali biro umroh yang kita pilih itu amanah. Dan beberapa di antaranya:

  1. Izin Travel Adalah Indikator Awal Dari Biro Umroh Amanah

Memastikan bahwa travel yang kita pilih berizin adalah langkah awal bagi sahabat untuk memilih biro umroh amanah. Sehingga perjalanan umroh kita aman dan nyaman.

Meski izin resmi yang diterbitkan kemenag terhadap biro perjalanan umroh dan haji bukan syarat pasti bahwa biro tersebut amanah. Namun kebanyakan dari mereka yang “nakal” tidak memiliki ijin  resmi dari pemerintah.

Oleh karena itu, daripada Sahabat mengambil risiko yang besar, lebih baik Sahabat memilih biro umroh yang sudah terdaftar di kementrian Agama, meskipun dari segi harga mungkin sedikit lebih mahal.

Nah pertanyaan yang muncul kemudian, bagaimana agar kita tahu apakah biro yang kita pilih berizin atau tidak.

Ada dua cara untuk mengetahui bahwa biro yang kita pilih berizin atau tidak; pertama, sahabat bisa datang langsung ke kantor Departemen Agama daerah setempat, dan tanyakan terkait daftar Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) resmi kepada petugas.

Kedua, kalau sahabat tidak memiliki banyak waktu dikarenakan kerja, kuliah atau lainnya. Sahabat dapat dengan mudah mengakses daftar PPIU di website resmi Kementrian Agama dari tempat sahabat. Atau jika hal itu masih menyulitkan, sahabat bisa langsung kontak petugas Kementrian Agama setempat.

Alhamdulillah untuk Rihaal sudah punya izinnya loh sahabat…

“PT Granada Wisata No Izin PPIU 282 Tahun 2016”.

  1. Tanyakan Terkait Maskapai Penerbangan, Sudahkah Dibook Atau Belum?

Langkah selanjutnya, Sahabat pastikan booking maskapai ke biro umroh yang sahabat pilih. Tanyakan saja “Apa maskapainya?”, “Jam berapa Berangkatnya?”, “Sampai sana jam berapa?”, “berangkat dari bandara apa?” dll. Syukur syukur sahabat sudah dapat kode booking maskapai.

Sahabat nggak usah takut untuk menanyakan hal tersebut. Karena hal itu menjadi bagian dari hak Sahabat. Biasanya, Biro umroh amanah sudah dapat memastikan maskapainya jauh hari sebelum keberngkatanya. Dan jika ini sudak dilakukan oleh biro umroh yang sahabat pilih, sahabat boleh loh sedikit berbangga hati. Tapi sedikit saja ya.. hehehe.

Kepastian kode booking maskapai inilah yang menjadi hal penting untuk memastikan keberangkatan dan kepulangan sahabat.

Oiya. For our information nih sahabat. Pemesananan tiket maskapai untuk program umroh sudah dapat dipesan setelah syawal pada setiap tahun hijriyahnya.

Misal: Umumnya, untuk keberangkatan season 1439 H maskapai sudah membuka penjualan tiket untuk program umroh di akhir bulan syawal 1438 H atau bulan Dhulqa’dah 1438 H.

Jadi. Jika keberangkatan sahabat dijanjikan di tahun 2018, cobalah sahabat tanyakan status maskapai tersebut di bulan Desember.

  1. Kepastian Jadwal Keberangkatan

Sama hal nya dengan kepastian booking maskapai, kepastian jadwal juga menjadi indikator dari keamanahan pada sebuah travel atau biro umroh. Dan pada umumnya, iklan-iklan yang disebarkan oleh para biro umroh belum dan bahkan tidak mencantumkan tanggal keberangkatan. Dan seringkali mereka hanya memperkirakan keberangkatannya. Tidak ada jawaban pasti apa maskapainya, kapan tanggal keberangkatannya dan detail waktu take off dan lain-lainnya. Ini artinya bahwa biro atau travel umroh tersebut belum membeli seat maskapai untuk jamaahnya.

Nah untuk itu, bagi sahabat yang ingin umroh jangan sungkan untuk menanyakan terkait kepastian tanggal keberangkatanya. Maksimal sebulan sebelum keberangkatan. Apalagi kalau pelunasan sudah dimuka. Seharusnya kepastian keberangkatan sudah ada jauh sebelumnya. jangan lupa, Selalu pastikan jika biro yang sahabat pilih adalah biro umroh amanah

  1. Pastikan Fasilitas Yang Ditawarkan, Apakah Sudah Sesuai Dengan Harga Yang Dicantumkan.

Banyak biro haji maupun umroh yang mencantumkan biaya murah sebagai trik menarik calon jamaahnya. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun sahabat harus lebih jeli dan teliti. Apa saja fasilitas yang ditawarkan, apakah sebanding dengan biayanya?, Atau fasilitas yang diperoleh tidaklah sepantasnya?

Jadi, perlu sahabat curigai jika ada biro umroh yang menawarkan fasilitas yang sangat ‘wah’ namun biaya yang ditentukan sangatlah murah. Sekali lagi, selalu pastikan jika biro yang sahabat pilih adalah biro umroh amanah .

  1. Pastikan Lokasi Hotelnya

Tidak hanya menanyakan status maskapai, jadwal maupun fasilitas dan akomodasi selama perjalanan saja untuk memastikan kevalidan data. Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah menanyakan atau mengkonfirmasikan mengenai nama hotel dan lokasi hotel di sana. Sahabat tanyakan saja apa hotelnya? Lokasinya dimana? Berapa jaraknya? Dan rate berapa hotelnya?. Pastikan itu semua. Jika semua itu dapat dengan mudah dijawab oleh biro umroh tersebut, apalagi menunjukkan bukti. Insyallah biro umroh tersebut memiliki indikator amanah.

  1. Pastikan Status Visanya

Setelah melalui beberapa tahapan di atas, saatnya sahabat pastikan status visanya. Pada dasarnya pengurusan visa umroh tidak jauh berbeda dengan pengurusan visa pada beberapa negara besar. Ada beberapa syarat pasti yang harus dipenuhi. Beberapa di antaranya; adanya tiket maskapai Return (pergi-pulang), tempat tinggal selama di Saudi, dan transportasi. Jika syarat tersebut sudah dipenuhi dengan dilengkapi persyaratan lainnya. Insyallah. mendapatkan visa umroh bukanlah angan dan mimpi.

Nah jika sahabat enggan menanyakan hal tersebut ke biro umrohnya, sahabat bisa langsung check sendiri status visa sahabat disini (Umroh E service).

  1. Pastikan Pembimbing Yang Mendampingi Selama Perjalanan

Biro haji dan umroh yang bagus akan menyertakan pembimbing yang sangat berpengalaman dan memiliki ilmu pengetahuan yang luas tidak hanya seputar haji dan umroh, melainkan juga luas terhadap ilmu pengetahuan agama dan sejarah. Dan Rihaal sudah memilih beberapa ustadz pembimbing terpilih dengan kualifikasi (Tahfidz Quran, minimal lulusan S2, dan atau Lulusan timur tengah).

Jadi biro umroh yang amanah tidak hanya sekedar menawarkan dan memfasilitasi keberangkatan umroh maupun haji saja. Melainkan ada nilai yang lebih, yakni mendampingi jamaahnya dengan para Ahli.

  1. Dan Yang Terakhir, Pastikan Ada Program (Istimewa)  Yang Dimiliki Biro

Mungkin sebagian sahabat bertanya, apa hubungannya program dengan keamanahan biro umroh atau haji?.

Biro umroh yang bagus tidak hanya menjalankan amanah untuk memberangkat jamaahnya saja. Pendampingan oleh para ahli menjadi salah satu indikatornya. Adapun yang lainnya, adalah program-program yang dibuat oleh biro tersebut untuk para jamaahnya yang sifatnya berkelanjutan. Jadi, meraka mau bertanggung jawab dari A sampai Z, dari sebelum keberangkatan, saat keberangkatan, saat prosesi ibadah umroh, dan hingga setelah selesai melaksanakan umroh.

Contohnya seperti apa? Banyak sekali contohnya. Misalnya, pengajian rutin calon jamaah, pengajian rutin alumni jamaah, bakti sosial calon jamaah, bakti sosial alumni jamaah, atau silaturrahim akbar dan lain sebagainya.

Nantinya ini semua akan membuat lingkup persaudaraan dengan sendirinya. Jadi, jika biro umroh yang sahabat pilih memiliki program berkelanjutan ini, insyallah biro umroh tersebut memiliki indikator amanah.

Itulah beberapa tips cara memilih travel/ biro haji dan umroh yang terpecaya. Ketelitian, kehati-hatian, dan kecermatan dalam memilih travel haji dan umroh merupakan bentuk usaha dan ikhtiar kita semua untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh. Semoga apa yang kita, kami dan sahabat semua niatkan dapat segera terwujudkan. amiin

290 total views, 3 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini