5 Hal Sederhana Yang Dilakukan Rasulullah Untuk Membahagiakan Istri

5 Hal Sederhana Yang Dilakukan Rasulullah Untuk Membahagiakan Istri

Sahabat, membahagiakan orang tercinta adalah keinginan setiap orang. Dalam islam sendiri, membahagiakan istri adalah juga menjadi tanggung jawab suami. Seperti Rasulullah, beliau pun tak pernah lupa untuk membahagiakan istrinya. Tidak melulu dengan harta, sahabat bisa mencontoh cara Rasulullah dalam membahagiakan istrinya. Apa sajakah yang Rasulullah lakukan? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

 

Kasih Sayang Kepada Kaum Wanita

Rasulullah SAW menekankan agar seorang suami senantiasa mendidik istrinya dan memperhatikan kebutuhannnya. Bahkan beliau menyuruh umat Islam untuk saling mengingatkan dalam hal itu. Beliau bersabda, “Berwasiatlah kebaikan bagi para wanita.” (HR. Bukhari No. 4890)

Cara Rasulullah Membahagiakan Istri

Berbincang-bincang dengan istri di malam hari

Diriwayatkan dari Al-Bukhari bahwasannya, “adalah dahulu Nabi SAW jika berkumpul bersama Aisyah r.a di malam hari maka Rasulullah berbincang-bincang dengan putri Abu Bakar r.a . “ Dari hadits tersebut menunjukkan bahwa suami yang baik adalah lelaki yang meluangkan waktunya untuk berbicara dengan istri. Berbincang seputar hal yang bermanfaat. Entah perkara dunia atau perkara akhirat.

Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

“Aisyah binti Abu Bakar r.a pernah ditanya oleh salah seorang sahabat. ‘Apakah yang Nabi lakukan ketika berada di rumah bersama istrinya?’. Kemudian Aisyah menjawab, “Dahulu Nabi biasa membantu pekerjaan rumah keluarganya.” (HR. Bukhari)

Hadits diatas menjelaskan jika hanya dengan suami membantu pekerjaan rumah, itu sudah menjadi bentuk pengertiannya kepada istri. Terlebih jika sang istri sedang dalam kondisi yang tidak sehat. Bantuan yang diberikan suami pastilah akan membahagiakan sang istri.

Menyatakan Rasa Cinta Kepada Istri Secara Lisan

Cinta tidak selamanya dibuktikan hanya dengan perbuatan, tetapi perlu juga dengan perkataan. Menampakkan dan menyatakan rasa cinta kepada istri adalah cara merekatkan hubungan cinta kasih antar lelaki dan wanita yang diikat dalam bingkai pernikahan. Nabi SAW pernah bersabda, “Aku diberi rizki berupa rasa cinta kepada istriku.” (HR. Muslim)

Tidak Pernah Melakukan Kekerasan Kepada Istri

Kekerasan dalam bentuk apapaun memang tidak pernah dibenarkan, termasuk kekerasan di dalam rumah tangga. Kekerasan hanya akan membuat hubungan rumah tangga semakin renggang. Dari Aisyah r.a pernah berkata, “Suamiku tidak pernah memukul istrinya meskipun hanya sekali.” (HR. Nasa’i). Tahukah sobat? Sesungguhnya lelaki sejati tidak akan pernah memukul istri, meskipun dalam keadaan semarah apapun.

Mengajak Istri Beribadah Umroh

Salah satu cara lagi untuk membahagiakan istri adalah dengan mengajaknya pergi umroh. Merasakan keromantisan beribadah di tanah suci berdua dengan istri, berdoa di depan Ka’bah dan masih banyak lagi. Atau jika ingin menikmati suasana salju, sobat bisa memilih Turki sebagai destinasi wisata. Yukk tunggu apa lagi, segera booking dan amankan seat anda. Rancang umroh dengan menggunakan Rihaal. Travel umroh masa kini, yang akan membuat perjalanan anda semakin bermakna.

 

 

referensi : islampos

232 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini